Dewan Dorong Bupati Usulkan Calon Wabup

Koropak.co.id, 08 February 2019 11:22:33
Penulis : D. Farhan Kamil
Dewan Dorong Bupati Usulkan Calon Wabup

 

Koropak.co.id - Komisi I DPRD Kabupaten Tasikmalaya mendorong pihak partai koalisi pengusung pasangan Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya, H. Uu Ruzhanul Ulum-H. Ade Sugianto (Huda) jilid dua, segera mengusulkan nama nama calon yang akan mengisi jabatan wakil bupati untuk mendampingi H. Ade Sugianto sebagai Bupati Tasikmalaya.

"Atas dasar rekomendasi dari pihak Kemendagri, Komisi I telah menyampaikan surat kepada pimpinan dewan agar menyampaikan surat rekomendasi Kemendagri tersebut, kepada pihak eksekutif untuk segera ditindaklanjuti. Mengingat sisa masa bhakti Bupati Tasikmalaya saat ini hanya tinggal 20 bulan lagi," kata Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Arif Rachman, SE., MM kepada Koropak, Kamis (7/1/2019).

Rekomendasi Kemendagri, kata Arif, diterima Komisi I saat melakukan kunjungan kerja, menyusul serangkaian kajian terkait aturan dan tahapan pengisian jabatan wakil bupati.

Ditambahkan Arif, tahapan pengusulan calon wakil bupati diawali kesepakatan partai koalisi, dalam hal ini PDI Perjuangan, PKS dan PAN. Kemudian Bupati mengusulkan dua nama kandidat wakil bupati hasil kesepakatan partai koalisi ke DPRD untuk dibahas dan diparipurnakan.

"Atas kesepakatan DPRD, dipilih salah satu calon untuk diusulkan ke Kemendagri melalui Gubernur Jawa Barat. Proses semua itu tidak akan memakan waktu lama, justru yang lama itu adalah membangun kesepakatan di tataran partai koalisi untuk menentukan kandidat wakil bupati, yang hingga kini belum tercium geliatnya," tutur Arif.

 

 

Koropak.co.id - Dewan Dorong Bupati Usulkan Calon Wabup (2)


Baca : Gambar Wagub Jabar Diturunkan

 

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, H. Ruhimat mengatakan, pimpinan dewan telah melayangkan surat kepada pihak eksekutif sesuai rekomendasi hasil kajian Komisi I terhadap efektivitas dan kualitas kerja pemerintah dalam rangka pelayanan terhadap masyarakat seiring pelaksanaan revisi RPJMD dan penyederhanaan SOTK/perangkat daerah, yang bermuara pada urgensi pengisian jabatan wakil bupati untuk memaksimalkan kerja pemerintah.

"Banyak kesibukan Bupati Tasikmalaya memaksimalkan kerja birokrasi demi keajegan roda pemerintah secara baik. Maka ada ruang kosong yang seharusnya dikerjakan oleh wakil bupati sehingga roda pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya ini benar -benar maksimal," ujarnya.

Ruhimat berharap, esksekutif segera merespons rekomendasi DPRD dalam hal pengusulan nama calon wakil bupati.*

 


Baca : PKS Sudah Siapkan Sosok yang Pantas Mengisi Wakil Bupati Tasikmalaya