Generasi Muda Harapan Baru Melestarikan Alam

Jum'at, 08 Februari 2019 11:09 Erni Nur'aeni Daerah

Generasi Muda Harapan Baru Melestarikan Alam


Koropok.co.id - Aksi menanam pohon yang dilaksanakan di Kaki Gunung Galunggung oleh Perkumpulan Jurnalis Tasik (PJT) bersama 200 mahasiswa dan pelajar, Kamis (7/2/2019) menyisakan pengalaman tak terlupakan bagi para peserta. Terlebih banyak makna dan pelajaran yang dapat diambil dari kegiatan tersebut, termasuk upaya melestarikan lingkungan di tengah kerusakan yang terus menerus mendera alam Indonesia.

Dandim 0612 Tasikmalaya, Letkol Inf Nur Ahmad kepada Koropak mengatakan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan tidak bisa instan, namun harus dibangun secara berkala. Dalam hal ini, yang mempunyai peran penting adalah generasi muda.

"Dengan adanya para mahasiswa serta pelajar yang antusias di kegiatan ini, merupakan salah satu harapan yang harus terus didukung. Di pundak merekalah spirit melestarikan lingkungan itu ada, hidup, dan terus tumbuh, " ujarnya.

Ditambahkan Dandim, kesadaran dan kepedulian lingkungan diharap tidak hanya terjalin di kegiatan ini saja, tetapi bisa terus berlanjut, mulai dari sekup yang paling kecil, misalnya di lingkungan sekitar rumah masing-masing.

"Peran pers terhadap lingkungan dan kelestarian alam pun sangat luar biasa penting. Pers harus berani menyampaikan informasi kepada masyarakat terhadap keadaan lingkungan saat ini," ujar Dandim.

 

Koropak.co.id - Generasi Muda Harapan Baru Melestarikan Alam (2)

 


Baca : Insan Pers Tasikmalaya Peringati HPN Dengan Menanam Pohon


Pers, kata Dandim, juga menjadi corong dalam peran kelestarian alam agar kelak anak dan cucu bisa melihat keindahan alam, tanpa tergerus ancaman pembangunan secara massif.

"Sekecil apapun kepedulian terhadap lingkungan, harus diapresiasi," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tasikmalaya, Joelistyana Widjajanti mengharapkan agar para pelajar dan mahasiswa dapat menularkan hal positif dari penanaman pohon tersebut kepada teman sebayanya.

"Hal positif ini semoga bisa ditularkan kepada keluarga, kerabat, serta teman-temannya, sebagai upaya meningkatkan kesadaran dalam pelestarian alam. Semakin banyak yang peduli maka akan semakin baik dalam menjaga alam, kalau kita menjaga alam maka alam akan mejaga kita," katanya.*

 

Baca : Dandim Ditunjuk Sebagai Incident Commander

 


Berita Terkait