Kebersamaan, Bekal Penting Pembangunan Bangsa

Senin, 11 Februari 2019 15:38 Clara Aditia Daerah

Kebersamaan, Bekal Penting Pembangunan Bangsa


Koropak.co.id - Walikota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman menyambut baik Perayaan Imlek Bersama 2570 yang digagas Komunitas Tionghoa Ciamis yang dihelat di Graha Asia, Plaza Asia, Jalan HZ Mustofa Nomor 326 Kota Tasikmalaya, Minggu (11/2/2019).

"Suasana aman tenteram damai, menjadi dasar untuk tercapainya cita-cita bangsa. Langkahnya, dengan senantiasa menjaga kebersamaan, persaudaraan, dan kerukunan. Kita melihat kerukunan umat beragama di Kota Tasikmalaya sudah berjalan baik. Ini jelas menjadi modal paling kuat untuk membangun Kota Tasikmalaya," tutur Walikota.

Dikatakan Walikota, tema satu hati satu jiwa saling berbagi untuk masyarakat sejahtera, menjadi refleksi bahwa seluruh elemen masyarakat diharap dapat saling mengisi, memberikan kontribusi untuk membangun daerah. Seperti halnya yang saat ini sudah berjalan. Masyarakat Tionghoa menjalin kebersamaan dengan pemerintah daerah untuk berbagi kepada warga pra sejahera, yang sudah sejak lama dilakukan.

 

Koropak.co.id - Kebersamaan, Bekal Penting Pembangunan Bangsa (2)

 

"Oleh sebab itu, jaga kebersamaan, jaga persaudaraan. Kita berkomitmen untuk selalu menjaga 4 pilar bangsa, yakni UUD 1945, Pancasila, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Inilah kekuatan bangsa kita untuk membangun, menyongsong hari esok yang lebih baik," ujarnya.

Walikota juga berpesan bagi segenap elemen masyarakat lintas agama, lintas etnis, lintas budaya, dalam menghadapi pemilu legislatif yang bersamaan dengan Pilpres, dibutuhkan kedewasaan dalam berpolitik, sehingga meskipun berbeda pilihan, masyarakat tetap bersatu, menjaga ikatan kerukunan dan kebersamaan.

"Dalam pesta demokrasi, masing-masing punya pilihan. Meskipun berbeda, tapi kebersamaan haruslah tetap dijaga. Haruslah mampu menghormati perbedaan. Siapapun yang terpilih nanti, itulah yang terbaik bagi bangsa. Mari kita doakan bersama," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Kebersamaan, Bekal Penting Pembangunan Bangsa (3)

 

Baca : Imlek Bersama 2570 Sarat Makna Kerukunan

 

Sebagai bangsa yang heterogen, kata Walikota, bangsa Indonesia merupakan bangsa yang kaya suku, agama, dan budaya. Bagi pemerintah, jelas hal ini bukanlah tantangan sederhana. Namun diharap keberagaman inilah yang harus dijadikan motivasi memperkuat persaudaraan, menggalang sebuah kekuatan untuk bersama membangun bangsa menjadi lebih baik, menuju terciptanya masyarakat yang sejahtera.

"Kebersamaan ini merupakan hal yang sangat berharga. Terlebih di era digitalisasi, yang menjadi era paling mudahnya tantangan fitnah dan hoax memecah belah kebersamaan. Diperlukan sikap dewasa dalam menjaga kebersamaan ini. Menguasai perkembangan teknologi memang baik, tapi jangan pernah meninggalkan agama, jangan berani meninggalkan kearifan lokal," tuturnya.* [dks]

 

Baca : Walikota Harapkan Penambahan Rute Flight Ke Tasikmalaya

 


Berita Terkait