Hormati Perbedaan, Ciptakan Persaudaraan

Senin, 11 Februari 2019 17:02 Clara Aditia Daerah

Hormati Perbedaan, Ciptakan Persaudaraan

 

Koropak.co.id - Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Tasikmalaya, sekaligus Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tasikmalaya KH Ate Mussodiq menyambut baik Perayaan Imlek Bersama 2570 yang digagas Komunitas Tionghoa Ciamis yang dihelat di Graha Asia, Plaza Asia, Jalan HZ Mustofa Nomor 326 Kota Tasikmalaya, Minggu (11/2/2019).

"Atas nama pengurus FKUB, kami ucapkan terimakasih telah mengundang kami untuk ikut merayakan Imlek Bersama yang dihadiri tokoh lintas agama se-Priangan Timur ini. Secara pribadi, saya masih ingat di tahun 1996, dalam merayakan Imlek selalu bersama Gus Dur di Plaza Senayan," katanya.

Ditambahkan KH Ate, Gus Dur menjadi motor toleransi antar umat beragama dengan memberikan kesempatan melaksanakan perayakan Imlek bagi umat yang merayakannya. 

 

Koropak.co.id - Hormati Perbedaan, Ciptakan Persaudaraan (2)

 

Baca : Walikota Harapkan Penambahan Rute Flight Ke Tasikmalaya

 

"Saya jadi teringat pepatah Gus Dus, kita adalah sebangsa setanah air, kita adalah bersama, Tanah Air Indonesia. Memang, dahulu saat bangsa ini akan dibangun, sempat terjadi polemik di antara para ulama, apakah Indonesia sebagai negara islam. Namun mengingat Indonesia memiliki banyak suku, agama, dan budaya, akhirnya diputuskan Indonesia merupakan negara dar assalam atau negeri yang penuh perdamaian, yang bisa menjaga persaudaraan di antara bangsa," ujarnya.

KH Ate mengajak segenap elemen masyarakat dan para tokoh lintas agama, untuk merenungi kondisi Indonesia saat ini yang sangat rentan perpecahan.

"Melihat kondisi seperti sekarang, mari kita tingkatkan persaudaraan, kesatuan, dan kekeluargaan. Terkait perayaan Imlek, kami juga ingatkan kembali bahwa Gus Dur-lah yang memprakarsai toleransi, sehingga beliau dikenal sebagai Bapak Toleransi dan Pluralisme Indonesia," tutur KH Ate.*

 

Baca : Perayaan Imlek Bersama Miniatur Toleransi Umat

 


Berita Terkait