Perayaan Imlek Bersama, Miniatur Toleransi Umat

Senin, 11 Februari 2019 17:30 Clara Aditia Daerah

Perayaan Imlek Bersama, Miniatur Toleransi Umat


Koropak.co.id - Pastor Kuasi Paroki St Yohanes Ciamis, Romo Mikael Adi Siswanto menuturkan Perayaan Imlek Bersama 2570 yang digagas Komunitas Tionghoa Ciamis yang dihelat di Graha Asia, Plaza Asia, Jalan HZ Mustofa Nomor 326 Kota Tasikmalaya, Minggu (11/2/2019), merupakan puncak kegiatan memperingati tahun baru Chinese 2570.

"Kegiatan ini menjadi miniatur toleransi umat seiring dengan hadirnya berbagai elemen masyarakat lintas agama, suku, dan budaya. Tema Sehati Sejiwa, Berbagi Sukacita, Untuk Kesejahteraan Masyarakat menjadi refleksi semangat untuk menggugah kebersamaan dalam berbagi sukacita, demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Priangan Timur," ucapnya.

Disebut miniatur, ucap Romo, di zaman sekarang, kerukunan umat beragama sangat dirindukan, sebab kerukunan tersebut sesungguhnya merupakan warisan kearifan lokal yang sayangnya tidak dibina dengan baik. Sehingga dihadirkan kembali di kegiatan Perayaan Imlek Bersama 2570 tersebut.

"Di kegiatan ini, kami ingin menggerakkan masyarakat, kita satu saudara mari kita bersatu, sehati sejiwa, berbagi sukacita untuk kesejahteraan masyarakat," ucapnya.

 

 

Koropak.co.id - Perayaan Imlek Bersama, Miniatur Toleransi Umat 1

 

Baca : Hormati Perbedaan Ciptakan Persaudaraan

 

Tentunya, kata Romo, kegiatan ini akan menjadi sebuah kerinduan, yang dapat menjadi spirit untuk dijadikan agenda rutin. Kehadiran masyarakat dari luar Priangan Timur seperti Cikampek, menunjukan bahwa kegiatan ini disambut antusias, menjadi sebuah gambaran ada panggilan jiwa yang didasari ikatan batin untuk bersatu, mendukung dan meneguhkan penghayatan kebangsaan.

Sementara itu, Ketua Panitia Imlek Bersama 2570, Paulus Joni Lihan menuturkan Perayaan Imlek Bersama sukses di luar ekpektasi. Sambutan dari berbagai tokoh lintas agama sangat membahagiakan. Menciptakan gambaran toleransi dan kerukunan antar umat beragama.

"Penyambutan yang luar biasa. Kita bisa lihat, animo masyarakat yang luar biasa kehadiran para tokoh lintas agama. Semua hadir dan merasakan kebersamaan yang begitu indah. Jika tidak ada halangan, melihat kesuksesan pelaksanaan Perayaan Imlek Bersama sekarang, tahun depan akan kita gelar kembali dengan lebih melibatkan lagi para tokoh lintas agama," kata Joni.*

 

Baca : Perayaan Imlek Bersama di Luar Ekspektasi

 


Berita Terkait