Hasil Musrenbang Harus Matang

Senin, 11 Februari 2019 19:57 Dede Hadiyana Daerah

Hasil Musrenbang Harus Matang

 

Koropak.co.id - Walikota Tasikmalaya, Drs H Budi Budiman memimpin langsung kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Mangkubumi Tahun Anggaran 2020, yang digelar di Aula Kantor Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya, Senin (11/2/2019).

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Camat Mangkubumi Drs H Soni M.Si, Ketua Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya Ichwan Shafa SE, Ketua Komisi III DPRD Kota Tasikmalaya Heri Ahmadi S.Pd.I., para Kepala OPD, serta para Lurah se-Kecamatan Mangkubumi.

Dijumpai Koropak selepas Musrenbang, Walikota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman mengatakan Musrenbang Tingkat Kecamatan Mangkubumi sangat penting untuk membahas kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan di tahun 2020 mendatang di wilayah Kecamatan Mangkubumi.

"Apalagi kita ada kegiatan kelurahan yang penanggungjawabnya adalah lurah itu sendiri. Bagaimana pemberdayaan masyarakat, partisipasi masyarakat, dan nantinya ada kelompok masyarakat yang terlibat di dalamnya," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Hasil Musrenbang Harus Matang (2)

 

Baca : Perencanaan Pembangunan Harus Berkesinambungan

Dikatakan Walikota, perencanaan pembangunan tersebut betul-betul harus matang dan tidak keluar dari rencana induk pembangunan Kota Tasikmalaya 5 tahun ke depan, yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

"RPJMD tersebut memiliki Rencana Strategis (Renstra) dari masing-masing Oganisasi Perangkat Daerah (OPD) selama 5 tahun serta Rencana Kerja (Renja) dari OPD yang merupakan penjabaran dari RPJMD atau janji politik kepala daerah yang dituangkan dalam Peraturan Daerah (Perda)," katanya.

Untuk itu, kata Walikota, akan ada pendekatan perencanaan, pendekatan politik, pendekatan teknokratis, dan pendekatan partisitatif seperti Musrenbang. Termasuk adanya pendekatan top down-bottom up.

"Dari hasil itu, baik dari top down ataupun bottom up, akan dirangkum menjadi sebuah usulan kegiatan yang akan dibawa ke tingkat kota, namun ini bukan berarti final. Usulan-usulan strategis dipersilahkan, dan nantinya akan dibahas di tingkat kota. Bersama DPRD Kota Tasikmalaya, kami akan membahas dan memutuskan APBD tahun 2020," kata Walikota.* [dks]

 

Baca : Walikota Apresiasi Musrenbang Kecamatan Mangkubumi

 


Berita Terkait