Walikota Apresiasi Musrenbang Kecamatan Mangkubumi

Senin, 11 Februari 2019 20:09 Dede Hadiyana Daerah

Walikota Apresiasi Musrenbang Kecamatan Mangkubumi


Koropak.co.id - Pemerintah Kota Tasikmalaya mengapresiasi suksesnya Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Mangkubumi yang digelar di Aula Kantor Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya, Senin (11/2/2019). Turut diapresiasi pula kinerja OPD yang telah mengantarkan Kota Tasikmalaya meraih predikat BB dalam Laporan Hasil Evaluasi (LHE) Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

"Artinya, akuntabilitas kita terukur dan terprogram mendapatkan apresiasi dengan nilai BB. Tidak mudah mendapatkan hasil tersebut, karena dari keseluruhan jumlah 514 kota dan kabupaten se-Indonesia, hanya 40 daerah kota dan kabupaten," ucap Walikota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman.

Pemerintah Kota Tasikmalaya, kata Walikota memiliki kewajiban untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) setiap tahunnya sebagai penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RJPMD).

"Proses perumusan dan penyusunan RKPD dilaksanakan melalui 4 pendekatan yakni pendekatan politik, pendekatan teknokratis, pendekatan partisipatif dan pendekatan top down-bottom up," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Walikota Apresiasi Musrenbang Kecamatan Mangkubumi (2)

 

Baca : Hasil Musrenbang Harus Matang

 

Untuk tahun 2020 sendiri, diusulkan pengembangan objek wisata Situ Gede sebagai icon wisata di Kecamatan Mangkubumi. Selain itu, diusulkan juga pembangunan pasar tradisional dan pasar rakyat di wilayah Kecamatan Mangkubumi.

"Pemerintah Kota Tasikmalaya akan membuatkan penetapan titik lokasinya agar ketika mendapatkan bantuan dari pusat tidak sulit lagi kalau memang lokasinya sudah mendapat kesepakatan dari semua pihak," katanya.

Walikota juga berharap agar masyarakat terus meningkatkan infrastruktur, terutama pengembangan kawasan pertanian, sehingga masyarakat bisa menyediakan alternatif pangan dan menekan harga inflasi.

"Karena Kecamatan Mangkubumi merupakan kecamatan yang memiliki prestasi sebagai terbaik 1 sadar inflasi lanjutan ketahanan pangan serta terbaik 1 kebun percontohan, jadi kami harapkan Kecamatan Mangkubumi bisa terus berupaya menekan laju inflasi. Namun, untuk Kelurahan Mangkubumi sendiri harus dievaluasi karena sudah terlalu besar jumlah penduduknya," ucap Walikota.* [dks]

 

Baca : Pembangunan Infrastruktur Harus Lebih Optimal

 

 


Berita Terkait