Banjir Kembali Melanda Kota Tasikmalaya

Senin, 11 Februari 2019 21:55 Dede Hadiyana Daerah

Banjir Kembali Melanda Kota Tasikmalaya


Koropak.co.id - Hujan yang melanda wilayah Kota Tasikmalaya sejak pukul 14.00 WIB, mengakibatkan sejumlah rumah warga Jalan RE Martadinata RT 005/ RW 005 Kelurahan Cipedes Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya terendam banjir, Senin (11/2/2019).

Mendapati laporan dari warga, tim dari BPBD Kota Tasikmalaya langsung terjun ke lapangan guna membantu warga dengan melakukan penyedotan air banjir yang masuk ke rumah warga hingga mencapai ketinggian lebih dari 50 Centimeter.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Tasikmalaya mengatakan kepada Koropak, banjir terjadi di 4 kecamatan di antaranya Kecamatan Indihiang, Kecamatan Cipedes, Kecamatan Tawang, dan Kecamatan Purbaratu.

"Laporan yang masuk ke kami, banjir tersebut dampak akibat dari luapan air sungai. Terdapat sekitar 32 rumah terendam banjir dengan ketinggian mencapai lutut orang dewasa," ujarnya.

 

Koropa.co.id - Banjir Kembali Melanda Kota Tasikmalaya (3)

 

Baca : Kota Tasikmalaya Dilanda Banjir dan Longsor

Sementara itu, Manager Pusdalop PB BPBD Kota Tasikmalaya Harisman mengatakan, terdapat beberapa titik genangan air, termasuk di Jalan Moch Hatta. Upaya penyedotan air pun dilakukan namun tidak maksimal karena tidak adanya saluran untuk pembuangan.

"Hal ini diakibatkan oleh tingginya debit air yang ada di Sungai Ciloseh dan Citanduy sehingga setelah diupayakan penyedotan, kita juga melakukan antisipasi hingga air sungai surut," katanya.

Salah seorang warga Kelurahan Cipedes Hermin (63) menuturkan, hujan deras terus turun sejak pukul 14.00 WIB dan air selokan meluap sekitar pukul 15.00 WIB yang diakibatkan oleh dangkalnya dasar selokan.

"Ini baru pertama terjadi di rumah saya, karena posisi rumah saya paling tinggi tapi terkena dampak banjir juga, berarti volume air yang naik ke permukaan cukup besar," katanya.*

 

Baca : Reni Korban Banjir Pangandaran Berhasil Ditemukan


Berita Terkait