Bentuk Masyarakat Berkualitas, Sehat Tanpa Narkoba

Jum'at, 22 Februari 2019 08:03 Ahmad Mukhlis Daerah

Bentuk Masyarakat Berkualitas, Sehat Tanpa Narkoba

 

Koropak.co.id - Untuk pertama kalinya di Kabupaten Ciamis telah diresmikan Desa Bersih Narkoba (BERSINAR) di Kampung Nusahiang KB Desa Buniseuri Kecamatan Cipaku, Kamis (21/2/2019). Lahirnya Desa BERSINAR merupakan hasil perkawinan program BNN Kabupaten Ciamis, BNN Provinsi Jawa Barat dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Barat.

Dalam acara launching Desa BERSINAR tersebut, hadir sekitar 300 orang, di antaranya BKKBN Provinsi Jawa Barat, BNN Provinsi Jawa Barat, Bappeda Provinsi Jawa Barat, Perpustakaan Provinsi Jawa Barat, BNNK Ciamis, Camat Cipaku, UPTD KB wilayah Ciamis Utara, perangkat Desa Buniseuri, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat Drs Sukaryo Teguh Santoso mengatakan, Kampung KB terkesan hanya mengurus KB dan pembangunan keluarga kecil bahagia sejahtera. Padahal, bukan hanya mengurus akseptor KB saja, Kampung KB bisa juga sebagai kampung yang bebas narkoba.

"Dengan nama kampung digarapkan ada keterpaduan lintas sektoral antara KB dan Desa BERSINAR. Dengan gotong royong, kampung KB bisa menumbuhkan budaya membangun kesejahteraan keluarga," ujarnya.

 

 

Koropak.co.id - Bentuk Masyarakat Berkualitas, Sehat Tanpa Narkoba (3)

 

Baca : Wujudkan Desa Bersih Narkoba

Sementara itu, Kepala BNN Provinsi Jawa Barat yang diwakili Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) Drs Wuryanto Sugiri, menuturkan narkoba saat ini menjadi perhatian semua pihak, siapapun harus ikut serta berperan aktif mulai dari masyarakat di perkotaan hingga perdesaan.

"Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara BNN Provinsi Jawa Barat dengan BKKBN Provinsi Jawa Barat dengan tujuan untuk membentuk masyarakat yang berkualitas, dengan sehat tanpa narkoba," katanya.

Tidak hanya dengan BKKBN saja, kata Wuryanto, BNN yang bekerja sama dengan semua pihak baik itu dengan Dinas Pendidikan, Dinas Sosial dan lainnya, karena permasalahan narkoba sifatnya lintas sektoral dan semua pihak harus ikut berperan aktif dalam memerangi narkoba.

"Dengan pencanangan Desa BERSINAR di Desa Buniseuri ini yang dikolaborasikan dengan Kampung KB, mudah-mudahan bisa menjadi contoh bagi daerah lainnya dalam upaya mencegah dan memberantas peredaran gelap narkoba," ujar Wuryanto.*

 

Baca : BNN Rangkul Masyarakat Cegah Peredaran Gelap Narkoba

 


Berita Terkait