Aplikasi Give Blood Permudah Mencari Stok Darah

Jum'at, 22 Februari 2019 20:52 Dede Hadiyana Desa

Aplikasi Give Blood Permudah Mencari Stok Darah

 

Koropak.co.id - Kebutuhan darah di Indonesia kian meningkat setiap tahun. Tentunya hal tersebut tidak terlepas dari tingginya angka permintaan darah dalam penanganan kasus medis yang membutuhkan tranfusi darah.

Hal tersebut dikatakan Koordinator Keluarga Donor Darah (KDD) Tasikmalaya, Dodi Kurniawan kepada Koropak dalam kegiatan donor darah masal yang dihelat dalam rangka Launching Keluarga Donor Darah (KDD) Tasikmalaya di Balai Desa Tenjowaringin Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (22/2/2019).

"Melihat kondisi tersebut, KDD Tasikmalaya menyelenggarakan donor darah massal 500 labu darah. Dalam dua tahun terakhir ini, Alhamdulillah kita sudah mendonorkan sekitar 3.000 labu darah. Ke depan, kita juga ingin menyosialisasikan bagaimana pentingnya donor darah ke desa-desa," ujarnya.

Dengan adanya kegiatan tersebut, Dodi berharap bisa menumbuhkan kesadaran sosial dan berbagi terhadap sesama dalam donor darah. "Semoga ke depannya kegiatan seperti ini bisa rutin dilaksanakan bersama saudara kita yang lain serta dari desa lain juga sehingga bisa memberikan sumbangsih ketersediaan darah kepada PMI setiap bulannya," katanya.

 

Koropak.co.id - Aplikasi Give Blood Permudah Mencari Stok Darah (1)

 

Baca : Hidup Sehat Dengan Donor Darah

 

Selain kegiatan donor darah, KDD Tasikmalaya juga menyosialisasikan sebuah aplikasi donor darah yang bernama Give Blood. Aplikasi ini dapat dicari para pendonor darah di wilayah yang diinginkan oleh para pencari donor darah dan sistem kerjanya seperti aplikasi ojek online.

Perwakilan Bidang Publikasi aplikasi Give Blood, Zulkarnain Lubis menuturkan, sekarang ini masyarakat yang membutuhkan darah masih menggunakan cara tradisional dengan harus cek di PMI terlebih dahulu yang belum tentu ada stok.

"Kadang, mereka juga mencari stok darah melalui media sosial. Di PMI sendiri pun belum tentu ada, padahal kebutuhan sangat mendesak. Jika ada pun harus membayar. Jadi, aplikasi ini memberikan solusi akan membantu kebutuhan donor yang mendesak," ucapnya.* 

 


Berita Terkait