Siapkan SDM Kompeten Kelola Dana Desa

Sabtu, 23 Februari 2019 09:23 Ahmad Mukhlis Desa

Siapkan SDM Kompeten Kelola Dana Desa


Koropak.co.id - Seleksi calon perangkat desa di Desa Sidamulih Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis akhirnya meloloskan Tita Kusmayati, A. Ma. Dia satu-satunya peserta seleksi yang Jumat (22/2/2019) dilantik menjadi Kepala Urusan Keuangan Desa Sidamulih. Sebelumnya suasana seleksi calon perangkat desa sempat tegang karena persaingan sangat ketat.

Kepala Desa Sidamulih, Hadli mengatakan, pelantikan ini dilakukan setelah calon dinyatakan lolos seleksi pengisian perangkat desa serentak tahun 2019 yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis. Dari Desa Sidamulih hanya Tita Kusmayati yang terpilih sehingga hanya dia yang dilantik.

"Acara pelantikan nuansanya kesederhanaan. Sebab inilah kenyataan, walaupun tanpa tumpeng dan hiburan pentas seni, namun tak mengurangi rasa khidmat," ujar Hadli.

Hadir dalam acara ini, Perangkat desa, BPD, RT, RW, Perwakilan Karang Taruna, tokoh agama, masyarakat, Pengurus PKK dan Babinmas dari Polsek Pamarican.

Ditanya adanya ketegangan dari masyarakat saat seleksi calon perangkat desa, Hadli mengatakan, perangkat desa yang baru dilantik merupakan hasil seleksi yang dilaksanakan oleh pihak Kecamatan Pamarican bekerjasama dengan Dinas DPMPD Kabupaten Ciamis.

 

 

Koropak.co.id - Siapkan SDM Kompeten Kelola Dana Desa (2)

 

Baca : Inilah Silsilah Penamaan Desa Sidamulih

Hasil tersebut, kata Hadli, tidak ada intervensi dari pihak desa, karena pihak desa hanya membentuk panitia seleksi untuk menjaring peserta yang akan mengikuti seleksi dari segi administrasi.

“Saya percaya Tita adalah yang terbaik di antara peserta yang lain. Kita beri kesempatan agar Tita bisa menjadi perangkat desa yang kompeten di bidangnya. Besok dia sudah mulai masuk kerja, "kata Hadli.

Menurut Hadli, Desa Sidamulih menjadi ikon desa budaya dan desa penghasil gula kawung berkualitas. Desa ini menjadi habitat tanaman kawung yang tidak ada di daerah lain.

"Saya berharap potensi Desa Sidamulih bisa dikenal luas agar berdampak bagus bagi ekonomi masyarakat Desa Sidamulih," ujar Hadli.*

 

Baca : Ciamis Akan Jadi Contoh Kebersamaan Industri dengan Masyarakat