Pertumbuhan UMKM Jawa Barat Paling Pesat

Rabu, 27 Februari 2019 12:56 Ahmad Mukhlis Daerah

Pertumbuhan UMKM Jawa Barat Paling Pesat

 

Koropak.co.id - Ketua Pimpinan Wilayah Himpunan Pengusaha Nahdliyin (PW HPN) Jawa Barat, Asep Syaripudin menilai, para pengusaha Nahdliyin kini makin maju. Hal itu terlihat dari jumlah populasi pengusaha yang meningkat.

"Dari 27 provinsi, Jawa Barat paling cepat pertumbuhan pengusahanya. Beberapa UKM berbasis ekonomi pesantren berkembang sangat pesat. Atmosfer usaha di zaman digital ini mendukung usaha kalangan Nahdliyin," kata Asep kepada Koropak selepas pembukaan NU Expo 2019 di Lapangan Bakti Banjar, Jalan Mayjen Didi Kartasasmita, Kota Banjar, Selasa (26/2/2019).

Asep yang juga Calon Anggota DPD RI Nomor 40 Dapil Jawa Barat itu menuturkan di ajang NU Expo 2019 di Kota Banjar, dari 234 stand yang disediakan, sepenuhnya diisi pengusaha UMKM Nadliyin.

"Saya bangga ternyata kaum sarungan sudah bisa sejajar dengan pelaku ekonomi yang lain. Alhamdulillah NU Expo 2019 saya nilai sukses karena semua stand terisi," ujar Asep.

 

Koropak.co.id - Pertumbuhan UMKM Jawa Barat Paling Pesat (2)

 

Baca : Asep Syaripudin Berdayakan UKM

Menurut Asep, antusiasme pengusaha Nahdliyin dalam ajang NU Expo 2019 menandakan iklim usaha kaum pesantren sedang bergairah. Mereka benar-benar memanfaatkan momentum NU Expo 2019 untuk promosi produk UMKM.

"Ada harapan kelak NU Expo bisa menjadi agenda rutin untuk ajang promosi produk UMKM Nahdliyin," tutur Asep.

Ditanya soal antusiasme pengusaha Nahdliyin dalam menangkap peluang, Asep mengatakan, mereka bergerak cepat menangkap peluang. Bahkan mereka juga menciptakan peluang baru dan inovasi-inovasi produk sesuai trend pasar.

"Mereka tidak ketinggalan dengan pelaku ekonomi yang lain. Mereka selalu menghasilkan produk dengan inovasi baru, sehingga bisa tampil sejajar dengan yang lain. Sudah banyak produk mereka yang dipromosikan di media massa. Sekarang tinggal bagaimana membangun ekosistem usaha di kalangan Nahdliyin, agar mereka mampu bersaing di era pasar bebas, " ujar Asep.*

 

Baca : Asep Syaripudin Apresiasi Konfercab HPN Garut

 


Berita Terkait