Pembentukan Desk Pilkada Kabupaten Tasikmalaya

Rabu, 24 Januari 2018 19:27 Koropak Pilkada

Pembentukan Desk Pilkada Kabupaten Tasikmalaya

Gelorakan Spirit Pilkada Tanpa Masalah

Koropak.co.id - Menyambut Pemilu Gubernur Jawa Barat 2018, Tim Desk Pilkada Kabupaten Tasikmalaya dari unsur Muspida, instansi terkait, KPU dan Panwaslu Kabupaten Tasikmalaya dibentuk dalam seremonial Rapat Koordinasi yang digelar di Aula Kantor Wakil Bupati Tasikmalaya, Rabu (24/1/2018). Hadir Kapolres Kabupaten Tasikmalaya AKBP Anton Sudjarwo, S.Ik, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya Deden Nurul Hidayat, dan Ketua Panwaslu setempat Dodi Juanda.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya Abdul Kodir yang juga menjabat Ketua Desk Pilkada Kabupaten Tasikmalaya mengatakan pembentukan Tim Desk Pilkada disahkan melalui Keputusan Bupati Tasikmalaya Nomor 130/Kep.190-Pem/2017.

"Koordinasi dan konsultasi dengan KPU, Panwaslu dan Desk Pilkada Provinsi Jawa Barat terus ditingkatkan. Utamanya dalam pendekatan sosial dengan lembaga atau organisasi kemasyarakatan, organisasi pemuda, dan lembaga keagamaan. Tujuannya, meningkatkan angka partisipasi pemilih dalam pilkada mendatang," katanya.

Pembentukan Desk Pilkada Kabupaten TasikmalayaKapolres Tasikmalaya AKBP Anton Sudjarwo menegaskan, kepolisian berupaya mengantisipasi secara dini potensi konflik pelaksanaan pilkada. "Salah satunya dengan melakukan koordinasi intensif bersama unsur masyarakat dan pemerintah di tiap tingkatan wilayah," ujarnya.

Dalam Rapat Koordinasi tersebut, dibahas tujuan pembentukan Tim Desk Pilkada yang bertujuan untuk menjaga kelancaran kegiatan Pemilu Gubernur Jawa Barat 2018. Di samping itu, Tim Desk Pilkada juga bertujuan untuk pengolahan data, koordinasi semua komponen, memantau setiap perkembangan situasi politik, dan pusat data informasi.

Sementara fungsinya adalah pemantauan, antisipasi permasalahan, dan penyelesaian masalah pilkada. Adapun kegiatan Tim Desk Pilkada berupa, rapat koordinasi, sosialisasi pemilih, pemantauan tahapan pilkada, dan penerapan aplikasi desk pilkada.

Juga turut melakukan pemetaan potensi konflik secara terpadu, coklit petugas PPDP mulai 20 Januari 2018 hingga 19 Februari 2018, serta sosialisasi Pemilu Gubernur Jawa Barat 2018.

Untuk Januari-Maret 2018, Tim Desk Pilkada melakukan kegiatan pemantauan pendaftaran paslon, pemantauan penetapan paslon, sosialisasi netralitas ASN, meningkatkan peran masyarakat sebagai pemilih, melakukan pemantauan kampanye, hingga ujicoba aplikasi desk pilkada.*

Penulis : Didit Fauzi Hendrian


Berita Terkait