TMMD Ke-104, Tingkatkan Kebersamaan Umat

Rabu, 27 Februari 2019 14:29 Dede Hadiyana Desa

TMMD Ke-104, Tingkatkan Kebersamaan Umat

 

Koropak.co.id - Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 tahun 2019 yang merupakan bagian dari pengembangan program rutin tahunan TNI Angkatan Darat (AD) yang bekerja sama dengan pemerintah Daerah Provinsi maupun Kabupaten Kota., digelar di Desa Citalahab Kecamatan Karangjaya Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (26/02/2019).

Pada kesempatan tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Barat H Uu Ruzhanul Ulum, Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto S.IP, Danrem 062/TN Letkol Inf Tatan Ardianto, Dandim 0612 Tasikmalaya Letkol Inf Nur Ahmad SE serta unsur dan tamu undangan lainnya.

Pembukaan yang mengangkat tema "Melalui TMMD, Kita Tingkatkan Kebersamaan Umat dan Semangat Gotong Royong dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional tersebut, diawali dengan penyerahan berita acara dari Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto S.IP kepada Dandim.

"Pelaksanaan TMMD ke-104 ini diharapkan dapat meningkatkan kebersamaan umat serta semangat gotong-royong dalam kehidupan berbangsa dan bernegara guna mewujudkan ketahanan nasional," ujar Ade.

 

Koropak.co.id - TMMD Ke-104, Tingkatkan Kebersamaan Umat (2)

 

Baca : Wagub Jabar Buka TMMD Ke-104

 

Usai kegitan, Danrem 062/TN Letkol Inf Tatan Ardianto menjelaskan, bahwa TMMD yang dilakukan sekarang ini diantaranya pembangunan fisik meliputi perbaikan jalan dan jembatan serta rehab rumah yang tidak layak huni. Sedangkan pembangunan non-fisik yang dilakukan yakni berupa penyuluhan tentang narkoba, lingkungan hidup, radikalisme dan terorisme.

"TMMD merupakan program rutin dari TNI AD yang bekerjsama dengan Pemerintah Daerah, baik Provinsi maupun Kota atau Kabupaten, juga sebagai sarana untuk selalu menjaga kemanunggalan antara TNI dengan masyaratakat. Setiap tahunnya, anggaran acara ini dilaksanakan sebanyak tiga kali, dan TMMD ke-104 di TA 2019 merupakan yang pertama," ucapnya.

 

 Koropak.co.id - TMMD Ke-104, Tingkatkan Kebersamaan Umat (3)

 

 

Baca : TNI Lahir dan Manunggal Membangun Untuk Rakyat

Sementara itu, Dandim 0612 Tasikmalaya, Letkol Inf Nur Ahmad mengatakan, dalam di Desa Citalahab tersebut terdapat sejumlah kegiatan. Diantaranya, pengaspalan jalan, rehabilitasi rumah tidak layak huni, pembangunan posyandu, serta merehab Mandi Cuci Kakus (MCK) warga. Dan diharapkan dapat membantu pemerintah daerah dan warga setempat dalam pembangunan infrastruktur.

"Untuk setiap titik dikerahkan sekitar 10 anggota bersama puluhan masyarakat setempat dengan konsep gotong royong tentunya. Selain itu, terdapat sasaran pembangunan non-fisik atau pembangunan karakter masyarakat, dengan menggelar seminar sejumlah penyuluhan seperti, penyuluhan terkait lingkungan hidup dan kehutanan, pertanian, pendidikan, keagamaan, terorisme radikalisme, hingga soal Penyalahgunaan Narkotika, dan materi lainnya," ujarnya.*

 

Baca : Tuntas Pangdam III Tutup TMMD Garut


Berita Terkait