Pembangunan Desa Harus Dipersiapkan Matang

Rabu, 06 Maret 2019 17:08 Ahmad Mukhlis Desa

Pembangunan Desa Harus Dipersiapkan Matang


Koropak.co.id - Pembangunan desa saat ini tidak bisa dilaksanakan tanpa ada perencanaan yang matang. Oleh sebab itu, di Desa Karangkamulyan Kecamatan Cijeunjing Kabupaten Ciamis diterapkan sistem perencanaan di bawah Kepala Urusan Perencanaan Pemerintah Desa Karangkamulyan. Guna menyongsong pembangunan tahun depan, wacana tersebut sudah ditetapkan sejak tahun sekarang.

"Tidak bisa membangun desa dengan ilmu Sangkuriang. Sesuai regulasi undang-undang, setiap desa harus membuat skala prioritas pembangunan sesuai dengan anggaran yang ada, " ujar Kepala Desa Karangkamluyan, MA Haris, kepada Koropak Rabu (6/3/2019).

Untuk memudahkan dalam perencanaan pembangunan, kata Haris, pihaknya sudah melantik Kepala Urusan Perencanaan Pemerintah Desa Karangkamulyan S. Wijaya, yang akan bertugas menyusun semua usulan pembangunan di desa, sehingga tidak ada lagi usulan yang mendadak seperti zaman dulu.

"Dana desa akan digunakan secara tertib sesuai dengan program yang telah ditetapkan. Memang kesannya rumit, tapi inilah yang harus kita lakukan," ujar Haris.

 

Koropak.co.id - Pembangunan Desa Harus Dipersiapkan Matang (2)

 

Baca : Kerjasama Sabut Kelapa, Inovasi Desa Karangkamulyan

Menyikapi janji Jokowi soal gaji perangkat desa, Haris mengatakan, di beberapa desa gaji perangkat desa sudah di atas UMK. Jadi kalaupun mau disamakan dengan gaji PNS golongan A, tidak ada pengaruh apapun. Terlebih, gaji itu akan direalisasikan tahun 2020, jika Jokowi terpilih jadi presiden.

"Saya kira realistis saja. Sekarang kita jalani yang ada. Janji politik tidaklah mudah direalisasikan karena ada aturan hukum. Dana desa contohnya tidak semudah balik tangan, " ujar Haris.

Menurut Haris, desa akan menjadi pusat sasaran pembangunan. Namun pada kenyataannya, SDM yang ada di desa belum sepenuhnya siap. Butuh pembelajaran yang panjang agar regulasi desa bisa diwujudkan.*

 

Baca : Dari Sabut Kelapa Menuju Kemajuan BUMDes

 


Berita Terkait