Dewan Terima Raperda Sistem Kesehatan dan BPHTB

Jum'at, 08 Maret 2019 18:24 Eris Kuswara Parlemen

Dewan Terima Raperda Sistem Kesehatan dan BPHTB


Koropak.co.id - Ketua DPRD Kota Tasikmalaya, H Agus Wahyudin memimpin Rapat Paripurna ke-3 Penyampaian Dua Buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Tentang Sistem Kesehatan Daerah dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Jumat (8/3/2019). Perda tersebut, kata Agus, sebenarnya adalah Perda Delegation of Authority yang merupakan peraturan yang lebih tinggi.

"Perda Delegation of Authority tersebut kemudian dijabarkan menjadi peraturan daerah sebagai peraturan yang lebih rendah. Dikarenakan ada Undang-Undang diatas, maka ada beberapa pasal yang terkait seperti salah satunya adalah pasal 5 yang diharuskan adanya perubahan mengenai BPHTB," kata Agus.

Ditambahkan Agus, dalam BPHTB tersebut terdapat beberapa potensi Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) yang berkaitan dengan pajak. Terlebih lagi, potensi tersebut juga tidak terambil oleh Pemerintah Kota Tasikmalaya. Oleh karena itu dengan adanya perubahan ini, diharapkan potensi tersebut akan terambil.

 

 

Koropak.co.id - Dewan Terima Raperda Sistem Kesehatan dan BPHTB (2)

 

"Mengenai sistem kesehatan daerah, permasalahan kesehatan ini tentunya menjadi urusan yang wajib dan sangat penting didaerah. Dengan demikian kami melakukan pembahasan mengenai sistem kesehatan dengan artian didalamnya mengatur seluruh kegiatan dibidang kesehatan mulai dari pencegahan penyakit, penyediaan infrastruktur, penyediaan pegawai dan lainnya yang akan tunduk kepada peraturan daerah mengenai sistem kesehatan," ucapnya.

Agus menuturkan, Raperda ini hanya merupakan lanjutan dari peraturan yang lebih tinggi yang dilanjutkan menjadi Perda. Sehingga nantinya akan ada koridor yang berkaitan dengan perda lainnya seperti Perda tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

"Hal tersebut juga akan erat kaitannya dengan rekrutmen pegawai kesehatan yang akan diatur dalam sistem pencegahannya seperti apa dan bagaimana. Terlebih lagi, berbagai penanganan penyakit menular juga akan turut diatur dalam perda tersebut," ujarnya.*

 

Lihat : DPRD Kota Tasikmalaya Sambut Baik Musrenbang Kecamatan

 


Berita Terkait