Walikota Resmikan Rumah Tahfidz Syafa’atul Quran

Selasa, 12 Maret 2019 19:59 Dede Hadiyana Daerah

Walikota Resmikan Rumah Tahfidz Syafa’atul Quran


Koropak.co.id - Walikota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman meresmikan Rumah Tahfidz Syafa’atul Quran yang beralamat di Jalan Kacapi Perumahan Sambong Permai Kelurahan Sambongjaya Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya, Sabtu (8/3/2019).

Walikota menyambut baik hadirnya Rumah Tahfidz Syafa’atul Quran. Menurutnya, Rumah Tahfidz Syafa’atul Quran diharapkan dapat menjadi wadah untuk mencetak para tahfidz Qur'an dari Kota Tasikmalaya.

"Terlebih, di Kota Tasikmalaya terdapat Perda Tata Nilai, serta program-program religius, khususnya magrib mengaji. Jadi adanya Rumah Tahfidz Syafa’atul Quran sangat sejalan dengan upaya Pemerintah Kota Tasikmalaya dalam membentuk karakter masyarakat yang religius, maju dan madani," katanya.

 

Koropak.co.id - Walikota Resmikan Rumah Tahfidz Syafa’atul Quran

 

Sementara itu Kepala Rumah Tahfidz Syafa’atul Quran Taman Hati, Ustaz Hasim Asyari menuturkan Rumah Tahfidz Syafa’atul Quran memiliki beberapa program bagi pembentukan tahfidz, yakni reguler, quantum, tahfidz camp, dan takhosus. Saat ini, Rumah Tahfidz Syafa’atul Quran memiliki 35 siswa yang tersebar di beberapa program yang disediakan.

"Untuk Tahfidz Takhosus yakni program Tahfidz yang disediakan bagi siswanya yang siap tinggal di asrama selama program berlangsung mulai dari 1 sampai 3 tahun dengan target hafalan 30 Juz. Kemudian, Tahfidz Reguler merupakan program bagi siswa yang tidak tinggal di asrama," katanya.

Dikatakan Hasim, dalam program Tahfidz Reguler terdapat 2 jam pelajaran, serta lebih intensif selama 5 hari dalam 1 pekan yang dilaksanakan setiap hari Senin hingga Jumat mulai pukul 15.00 sampai 17.00 WIB. Untuk target sama seperti siswa Tahfidz Takhosus, yakni minimal hafalan 30 Juz.

 

 

Koropak.co.id - Walikota Resmikan Rumah Tahfidz Syafa’atul Quran  (2)

 

Baca : Walikota Tasikmalaya Buka Tilawatil Tahfidz Quran

Terdapat juga program Quantum Tahfidz, yakni program percepatan hafalan yang disediakan bagi siswa yang ingin mempunyai waktu tambahan khusus untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hafalannya. Kegiatan Tahfizd dijadwalkan setiap hari Sabtu dan Minggu dengan 4 sesi pilihan. Setiap 1 sesi memiliki kuota maksimal 10 siswa dan 2 jam pelajaran di setiap sesinya.

Sementara program Tahfidz Camp merupakan program kegiatan Tahfizd yang disediakan dalam waktu tertentu untuk mengisi waktu libur siswa atau pemantapan hafalan siswa sebelum menghadapi momentum tertentu.

"Diharapkan para siswa lulusan Rumah Tahfidz Syafa’atul Quran dapat berprestasi di level yang lebih tinggi lagi, bahkan hingga Internasional." kata Hasim.* [dks]

 

Baca : Wisata Ceria Wahana Edukasi Anak Sejak Dini