Selama Ini, Putra Raja Hanya Dianggap Ikon Budaya

Jum'at, 15 Maret 2019 06:27 Didit Fauzi Nasional

Selama Ini, Putra Raja Hanya Dianggap Ikon Budaya


Koropak.co.id - Ketua Umum Santana Kesultanan Cirebon, Pangeran Kuda Putih Raden Heru Rusyamsi Arianatareja menuturkan dukungan dari para raja se-Nusantara, khususnya dari Para Santana Kesultanan Cirebon bagi Prabowo-Sandiaga Uno menjadi sebuah gambaran tumpuan harapan bahwa pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 02 itu bisa mengembalikan marwah para leluhur bangsa Indonesia kepada porsinya.

"Kami mengumpulkan para zuriah dari Santana Kesultanan Cirebon, untuk satu suara mendukung pasangan Prabowo-Sandiaga Uno. Kami meyakini sosok beliau bisa mengembalikan marwah negeri ini kepada porsinya," ujar Raden Heru yang konsisten mendukung Prabowo sejak Pilpres 2014 tersebut.

Melalui Prabowo-Sandiaga Uno, kata Raden Heru, para putra raja bisa menitipkan perjuangan dalam upaya mengembalikan marwah leluhur kepada porsinya di negeri ini.

 

 

Koropak.co.id - Selama Ini, Putra Raja Hanya Dianggap Ikon Budaya (3)

 

 

Saat ini, lanjut Raden Heru, para putra raja hanya dijadikan ikon budaya saja, padahal putra raja merupakan pewaris negeri ini. Seperti halnya saat para putra raja mengkritisi kebijakan-kebijakan pemerintah daerah. Fakta yang ada, kritikan tidak pernah didengar sekalipun.

"Bahkan, ketika kami mengkritik pemerintah, kami hanya diberi jawaban 'sudahlah, kita bikinkan acara budaya saja, dengan dana di Disparbud atau Kesbangpol'. Sungguh, itu merupakan perlakuan tidak etis. Padahal kami para putra raja merupakan pewaris negeri ini. Leluhur kami, para raja, merupakan pemilik negeri ini. Dengan kebesaran hatinya, para raja rela berserah diri, menyatakan bergabung ke dalam NKRI," katanya.

Perihal harapan dilibatkannya para raja dalam menentukan kebijakan pemerintah, Raden Heru menilai jika selama ini masyarakat adat termarjinalkan. Sehingga besar harapan kelak ketika Prabowo-Sandiaga Uno terpilih untuk memimpin bangsa Indonesia, para putra raja dapat dilibatkan dalam merumuskan kebijakan.

"Bukan hanya janji, gagasan ini haruslah dibuatkan regulasinya, karena selama ini, dalam Undang-Undang pun tidak ada regulasi yang mengatur tentang keterlibatan para putra raja. Padahal leluhur kami merupakan pemilik dari negeri ini," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Selama Ini, Putra Raja Hanya Dianggap Ikon Budaya (1)

 

Baca : Raja Nusantara Satukan Suara Dukung 02

 

Sementara itu, Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno, Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso menuturkan kebersamaan dari para raja, sultan, dan pangeran yang terbingkai silaturahmi di acara tersebut menjadi satu dorongan optimisme untuk kemenangan pasangan Prabowo-Sandiaga Uno.

"Para raja, sultan, dan pangeran ini merupakan akar dari NKRI. Sedangkan saat ini, kita dihadapkan pada realita, ancaman globalisasi yang mengancam keutuhan NKRI. Oleh sebab itu, kami mohon para raja, sultan, dan pangeran memahami, dan memiliki satu suara, bersama menjaga NKRI," ucapnya.*

 

Baca : Prabowo-Sandiaga Uno Harapan Raja Se-Nusantara