Tasikmalaya Harus Bebas Kekumuhan

Jum'at, 15 Maret 2019 17:24 Eris Kuswara Daerah

Tasikmalaya Harus Bebas Kekumuhan

 

Koropak.co.id - Anggota Komisi V DPR-RI, Hj Nurhayati melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Tasikmalaya, Kamis (14/3/2019). Bertempat di Aula Balekota Tasikmalaya, rombongan Hj Nurhayati bersama Direktur Rumah Swadaya, Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Ir. Raden Johny Fajar Sofyan Subrata, MA, diterima langsung Walikota Tasikmalaya, Drs H Budi Budiman.

Dijumpai Koropak seusai kegiatan, Hj Nurhayati mengatakan, maksud kunjungan kerja ke Kota Tasikmalaya adalah untuk membahas program bantuan perumahan swadaya yang berasal dari pusat sebanyak 325 unit.

 

Koropak.co.id - Hj Nurhayati Harapkan Tasikmalaya Bebas dari Kekumuhan  (2)

 

Menurutnya, untuk menyelesaikan kekumuhan di Kota Tasikmalaya, maka dibutuhkan bantuan yang sebanyak-banyaknya dari pemerintan pusat. Adapun kriteria penerima bantuan tersebut, kriterianya adalah warga berpenghasilan rendah yang rumahnya tidak layak huni, tetapi di atas tanah sendiri dan bersertifikat atas namanya sendiri. Dengan kata lain bukan rumah sewaan atau pinjaman. Dan yang penting adalah, ada dana swadayanya," kata Hj Nurhayati.

Ditambahkan, untuk peningkatan kualitas, bantuan yang diberikan kepada masyarakat yakni sebesar Rp 17,5 juta. Meliputi Rp 2,5 juta untuk upah dan Rp 15 juta untuk bahan bangunan. Upah tersebut untuk per 36 meter persegi serta untuk rumah aladin meliputi atap, lantai dan dinding. Adapun untuk aksesorisnya harus memakai dana swadaya.

 

Koropak.co.id - Hj Nurhayati Harapkan Tasikmalaya Bebas dari Kekumuhan  (3)

 

"Kedepannya, kami menginginkan ada program khusus untuk lingkungan. Dan Kota Tasikmalaya ke depan bisa mendapatkan bantuan yang lebih besar lagi untuk akselerasi penuntasan kekumuhan," ujarnya.

Hal senada diucapkan Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Tasikmalaya, Hj Yoke Yulianti, dia berharap semoga program-program tersebut dapat diserap seluruhnya oleh masyarakat Kota Tasikmalaya, karena tentunya program ini juga bisa memberikan dampak yang positif.

"Dirjen Kementerian PUPR ini sangat paham kebutuhan Kota Tasikmalaya, sehingga mereka bisa menambah dana bantuan meskipun tidak penuh. Buktinya sudah ada tambahan lagi untuk memenuhi kuota kebutuhan masyarakat yang memiliki rumah tidak layak huni di Kota Tasikmalaya," ucap Yoke.*


Baca : BSPS Bantu Warga Kurang Mampu


Berita Terkait