Masyarakat Ikut Andil Dalam Pembangunan

Jum'at, 15 Maret 2019 18:36 Erni Nur'aeni Daerah

Masyarakat Ikut Andil Dalam Pembangunan

 

Koropak.co.id - Pemerintah Kota Tasikmalaya menggelar sosialisasi Program Gerakan Masyarakat Mandiri Berdaya Saing dan Inovatif (Gema Madani) Simpatik, salah satu model pembangunan berbasis partisipatif. Acara dilaksanakan di Gedung Serba Guna Balekota Tasikmalaya, Kamis (14/3/2019).

Kegiatan dihadiri oleh Sekretaris Daerah Ivan Dicksan, Kepala Bidang Kesra H Nasihin, Koordinator Kota Solahuddin, Asisten Administrasi pemerintahan dan kesra H Nanang, para camat dan lurah se-Kota Tasikmalaya, dan beberapa tamu undangan lainnya.

Walikota Tasikmalaya H. Budi Budiman mengatakan, sosialisasi Gema Madani Simpatik merupakan tindak lanjut hasil evaluasi pembangunan pada tahun 2018. Sosialisasi ini juga bekaitan dengan pembangunan bidang infrastruktur, ekonomi, sosial dan budaya, pada anggaran tahun 2019 dengan lebih mengutamakan kepada partisipasi dari masyarakat.

"Salah satu upaya untuk menghadirkan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat di tahun anggaran sekarang ini, adalah dengan cara mebangun gotong royong," ujarnya.

 

Gotong Royong Tidak Hanya Mambangun Tapi Juga Memelihara

 

 

Lihat : Saung Madani Wadah Kreasi Produk Unggulan

 

Menurut Budi, pemerintah sudah mengalokasikan anggaran sebesar RP 150 juta ke setiap Kelurahan di Kota Tasikmalaya. Anggaran sebesar itu untuk stimulan.

“Kalau dijumlahkan untuk seluruh kelurahan itu mencapai Rp 10 miliar lebih. Hal ini untuk membangkitkan stimulan masyarakat dalam membangun dan setelah dilihat di lapangan, nilai hasil pembangunannya bisa mencapai kurang lebih Rp 14 milyar,” tuturnya.

Dengan didirikannya Kampung Madani di setiap Kecamatan dan Kelurahan tambah dia, pemerintah berharap masyarakat lebih peduli terhadap pembangunan serta bersama-sama mengawasi dan mengelola hasil pembangunannya.

"Adanya Kampung Madani di setiap Kecamatan dan Kelurahan ini, agar masyarakat lebih peduli terhadap pembangunan. Semua bergotong royong dan bersama-sama miliki kesadaran dalam pembangunan," kata Budi.* [dks]

 

Baca : Gema Madani Dari Masyarakat Untuk Masyarakat


Berita Terkait