Ketahanan Budaya, Intan Berlian Pemersatu Bangsa

Jum'at, 15 Maret 2019 23:18 Clara Aditia Nasional

Ketahanan Budaya, Intan Berlian Pemersatu Bangsa


Koropak.co.id - Kanjeng Pangeran Haryo Sutan Pangeran Rheindra J Wiroyudho dari Keraton Pakualaman Yogyakarta mengaku bangga atas suksesnya gelaran deklarasi dukungan para raja se-Nusantara bagi pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga Uno yang digelar di kediaman Prabowo Subianto di Padepokan Garudayaksa, Bukit Hambalang, Bogor Jawa Barat, Jumat (15/3/2019).

Dalam kesempatan tersebut, para raja yang tergabung dalam Royal Nusantara mendeklarasikan diri di hadapan Prabowo Subianto, menyatakan dukungan untuk all out memenangkan pasangan Prabowo-Sandiaga Uno di Pilpres 2019 yang akan digelar 17 April 2019 mendatang.

Dijumpai Koropak selepas acara, Kanjeng Pangeran Haryo Sri Paduka Rheindra J Wiroyudho menuturkan sebagai salah seorang konseptor di acara tersebut merasa bangga dan bahagia atas suksesnya kegiatan yang menghimpun 147 raja dari kerajaan se-Nusantara.

"Alhamdulillah, kami merasa bangga. Walaupun dalam perjalanannya, pada persiapan terakhir, kami banyak digembosi, tidak sedikit para raja disabotase sehingga tidak bisa bergabung bersama kami di sini. Namun, meskipun demikian, yang hadir tetap banyak, dan menjadi bukti seberapa banyak yang loyal dan setia mendukung Prabowo-Sandiaga Uno," katanya.

 

 Koropak.co.id - Ketahanan Budaya, Intan Berlian Pemersatu Bangsa (2)

 

 

Dikatakan Rheindra, pasangan Prabowo-Sandiaga Uno merupakan pasangan yang ideal seperti pasangan Soekarno dan Hatta. Prabowo merupakan negarawan sejati, dan Sandiaga Uno merupakan ahli ekonomi yang tangguh.

"Semangat Prabowo-Sandiaga Uno merangkul para raja sangat bagus. Seperti Bung Karno yang meminta doa restu para raja saat hendak memerdekakan Republik Indonesia. Bung Karno menyadari bahwa semua wilayah NKRI adalah milik raja, sehingga beliau melibatkan para raja saat hendak memerdekakan bangsa. Para raja pun sepakat bergabung dengan NKRI," tuturnya.

Berdasarkan pantauan Koropak, dalam kegiatan tersebut, digelar penganugerahan gelar kehormatan dari Raja Keraton Pakualaman Yogyakarta, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Pakualam IX Sri Paduka Sunan Al-Haj Anglingkusumo yang diserahkan oleh Rheindra yang merupakan putra raja.

"Gelar tersebut biasanya diserahkan di keraton, hanya kali ini kami serahkan di sini. Gelar yang kami berikan bagi Pak Prabowo adalah Kanjeng Pangeran Haryo Suryo Kusumo Nagoro, yang artinya sinar yang wangi untuk negara. Gelar itu pula menjadi harapan kami Pak Prabowo dapat membawa perubahan yang baik bagi bangsa ini," katanya.

 

 Koropak.co.id - Ketahanan Budaya, Intan Berlian Pemersatu Bangsa (3)

 

Baca : Harapan Besar Para Raja Untuk Kemenangan Prabowo-Sandi


Kelak saat terpilih menjadi Presiden, ucap Rheindra, Prabowo dan Sandiaga Uno diharapkan tidak melakukan kesalahan yang sama dengan presiden-presiden sebelumnya. Prabowo dan Sandiaga Uno diharapkan konsisten merangkul para kaum adat dan kaum kerajaan dalam melestarikan kerajaan-kerajaan se-Nusantara demi kokohnya kekuatan bangsa.

"Kita tidak bisa memungkiri, saat ini pertahanan lemah, ketahanan ekonomi lemah, begitu juga ketahanan pangan. Di pundak Prabowo-Sandiaga Uno harapan kami bertumpu. Kami yakin, cuma satu yang bisa menyatukan dan mengokohkan kita, yaitu ketahanan budaya," kata Rheindra.*

 

Baca : Raja Nusantara Satukan Suara Dukung 02


Berita Terkait