Manaqib, Ajang Mengais Pahala dan Rezeki

Senin, 18 Maret 2019 19:19 Ahmad Mukhlis Daerah

Manaqib, Ajang Mengais Pahala dan Rezeki


Koropak.co.id - Kegiatan Manaqiban yang digelar Senin (18/3/2019) bagi ikhwan TQN Ponpes Suryalaya Tasikmalaya merupakan ajang meraih barokah, baik berupa pahala kebaikan dan sekaligus berupa rezeki dari perdagangan.

Hal itu tergambar di jalan sepanjang pintu masuk Ponpes Suryalaya yang disulap menjadi sarana pasar tumpah untuk bazaar produk segala keperluan jamaah manaqib. Tepat di depan gerbang, para pedagang memajang dagangan alat pertanian. Disusul pedagang busana muslim, buku dan kitab, hingga pedagang aksesoris. Hampir semua pedagang menikmati barokahnya.

"Saya niatnya mengikuti manaqib tapi sambil berdagang agar ada bekal buat keluarga. Alhamdulillah kebagian rezeki dari kedatangan ribuan jamaah di Suryalaya. Saya sudah rutin setiap ada manaqib ikut berdagang," ujar Ai Coni, pedagang busana muslim asal Guranteng, Ciawi.

 

 

Koropak.co.id -  Manaqib,  Ajang Mengais Pahala dan Rezeki (1)

 

Baca : Penjelasan Jokowi Batal Hadiri Manaqib di Suryalaya

Perputaran uang di momentum Manaqiban, per kegiatan bisa menembus angka ratusan juta. Masyarakat seputar Ponpes Suryalaya kebagian barokah manaqib, tentu hal ini menjadi kabar positif dalam upaya mendongkrak daya beli masyarakat.

Salah satu praktisi ekonomi syariah, Ustad Ainur Rafiq mengatakan, Islam punya banyak ritual yang menggerakkan ekonomi keummatan. Dengan konsep sedekah, semua perdagangan menjadi hidup karena ada pertukaran barang dan jasa.

"Momentum manaqiban di Ponpes Suryalaya Tasikmalaya adalah sarana transaksi ibadah. Sebab, yang bersedekah berlimpah pahala dan yang berdagang mendapatkan rezeki, yang juga bisa digunakan untuk sedekah," ujar Rafiq.

Menurut Rofiq, TQN Ponpes Suryalaya telah membuka jalan ekonomi ummat. Ke depan, perlu dilakukan penataan dan dikelola secara baik agar semua bisa menikmati barokah ekonomi.*

 

Baca : Manaqib Berikan Ketenangan Jiwa

 


Berita Terkait