DKKT Diharapkan Persatukan Seniman Tasikmalaya

Selasa, 19 Maret 2019 19:27 Erni Nur'aeni Daerah

DKKT Diharapkan Persatukan Seniman Tasikmalaya

 

Koropak.co.id - Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya (DKKT) melaksanakan rapat paripurna kerja dari 10 rumpun kesenian yang dihelat di RM Imah Mang Asep, Selasa (19/3/2019).

Ketua DKKT Bode Riswandi mengatakan, rapat tersebut bertujuan untuk memaparkan capaian dan agenda kerja 10 rumpun kesenian, mulai dari teater, musik, karawitan dan lainnya. Termasuk dalam rangka menyusun agenda untuk gelaran Kibar Budaya.

"Meskipun Kibar Budaya dari tahun ke tahun kegiatannya sama, namun hal-hal teknisnya tetap harus disusun agar semua kegiatan berjalan dengan baik. Pada prinsipnya dari tahun pertama sampai sekarang itu kurang lebih sama programnya berpusat pada Kibar Budaya dan dilaksanakan oleh kelompok berbeda, namun tetap harus memberikan progres setiap tahunnya," ujanya.

 

Koropak.co.id - DKKT Diharapkan Persatukan Seniman Tasikmalaya 2

Seperti halnya saat menghadirkan Putu Wijaya, seorang seniman tingkat nasional. Akan ada agenda yang berbeda pada tahun ini, yakni lomba membaca puisi tingkat nasional antar master, yang sekarang sedang dalam tahap diskusi.

"Tahun 2018 lalu kita sudah datangkan seniman nasional Putu Wijaya dan sekarang agenda yang sedang dalam tahap diskusi lomba baca puisi, namun waktunya disesuaikan dengan program kerja 10 rumpun, baru kita jadwalkan untuk lomba tersebut," ujar Bode.

Bode berharap dengan adanya lomba puisi tingkat nasional ini dapat berdampak positif bagi masyarakat, terutama dari segi ekonomi. Termasuk kuliner dan perhotelan di Kota Tasikmalaya, kemudian agenda kibar budaya yang diharapkan bisa melibatkan masyarakat.

 

 

Koropak.co.id - DKKT Diharapkan Persatukan Seniman Tasikmalaya 3

 

"Lomba ini kan digelar di tingkat nasional yang tentunya diikuti berbagai peserta dari penjuru Tanah Air. Tentunya diharapkan akan memberikan efek domino terhadap perekonomian masyarakat, sehingga manfaat event ini dapat turut dirasakan oleh masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata Kota Tasikmalaya, Aan Hadian mengatakan pemerintah sebagai pembimbing dewan kesenian, memberikan arahan serta saran agar dapat tercipta kebersamaan antara seniman dan pemerintah.

"DKKT pun merupakan salah satu wadah untuk para seniman, yang dibekali tugas untuk mengembangkan kesenian dan budaya, juga bisa mempersatukan semua seniman di Kota Tasikmalaya," ujarnya.*

 

Baca : Putu Wijaya : Terimakasih Tasikmalaya!

Lihat : Kota Tasikmalaya Saksi Dedikasi Putu Wijaya

 


Berita Terkait