Kelapa Ciamis Terkenal Hingga Penjuru Dunia

Jum'at, 22 Maret 2019 19:12 Ahmad Mukhlis Daerah

Kelapa Ciamis Terkenal Hingga Penjuru Dunia


Koropak.co.id - Kelapa adalah tanaman khas Ciamis yang ada sejak zaman Belanda dulu. Kelapa Ciamis sangat terkenal ke pelosok negeri, termasuk melalui produk olahannya, yakni Galendo. Tak heran jika Ciamis pun harum dengan sebutan Kota Galendo.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman sangat paham bahwa kelapa adalah ikon Kota Ciamis. Karena itu, Amran memboyong ribuah benih kelapa atau kitri untuk menghidupkan kembali budidaya kelapa. Benih tersebut diserahkan Menteri Amran dalam dialog Apresiasi dan Sinkronisasi Kinerja Pertanian 2019, di Lapangan Imbanagara, Jumat (22/3/2019).

"Saya sudah membaca sejarah, kelapa adalah tanaman andalan masyarakat Ciamis sejak masa Belanda. Oleh sebab itu saya menghargai kepada para pemanjat kelapa agar menanam bibit kelapa," ujar Amran.

Amran bercerita, baginya segala permasalahan kelapa sudah mendarah daging. Selama 20 tahun lebih dia mengaku hidup sengsara sebagai petani dan pemanjat kelapa.

"Makanya saya ingin para pemanjat kelapa di Ciamis hidupnya sejahtera dengan bertanam kelapa. Manfaatkan semua lahan dengan tanam kelapa," kata Amran.

 

Koropak.co.id - Kelapa Ciamis Terkenal Hingga Penjuru Dunia (2)

 

Baca : Kerjasama Sabut Kelapa, Inovasi Desa Karangkamulyan

Sementara itu, selain bibit kelapa, untuk Kabupaten Ciamis Kementerian Pertanian juga menyiapkan ribuan bantuan pertanian. Salah satunya ayam kampung dialokasikan 300 ribu ekor. Satu orang petani akan dapat bantuan 50 ekor.

"Kami beri bibit, makanan, kandang dan tenaga pendamping agar pertani punya pengalaman awal dalam budidaya ayam. Pokoknya bagi petani, dalam 6 bulan ke depan dapat merasakan hasil panen ayam. Dengan demikian tidak ada lagi nanti kisah petani miskin," ujar Menteri Amran.

Selain ayam, Menteri Amran juga membagikan anak kambing kepada 11 pondok pesantren di Ciamis. Menurut Amran, kambing akan dijadikan modal para santri untuk berwirausaha.

 

Koropak.co.id - Kelapa Ciamis Terkenal Hingga Penjuru Dunia (3)

 

Baca : Kerjasama Pengembangan Sabut Kelapa Sangat Potensial

"Kambing menjadi andalan keluarga petani di Ciamis. Santri yang berbasis pedesaan cocok membudidayakan kambing," ujar Amran.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ciamis Ir Kustini, mengatakan, baru kali ini Ciamis mendapatkan respons luar biasa dari kementerian. Bahkan ikon Ciamis pun sampai dikenal oleh Jakarta. Hal tersebut merupakan peluang bagus ke depan, karena komoditas kelapa akan terangkat di pasaran nasional.

"Ciamis adalah sentra kelapa sejak zaman dahulu. Masyarakat sangat terbantu sejak kelapa menjadi andalan ekonomi sebab kelapa bisa diolah semuanya, mulai dari bibit, biji, daun, hingga batang pohonnya," ujar Kustini.*

 

Lihat : Spirit Bersama Kembangkan Daerah dengan Sabut Kelapa

 


Berita Terkait