Mieling Ngadegna Galuh, Spirit Melestarikan Sejarah

Sabtu, 23 Maret 2019 15:51 Clara Aditia Daerah

Mieling Ngadegna Galuh, Spirit Melestarikan Sejarah

 

Koropak.co.id - Gelaran "Mieling Ngadegna Galuh 1407", Sabtu (23/3/2019) berlangsung meriah dan penuh khidmat. Kegiatan diawali dengan pawai budaya dari Pendopo Selagangga menuju Pendopo Bupati Ciamis. Rombongan diawali dengan iringan-iringan kuda, diikuti rombongan Raja Galuh, Raden H.R Hanif Radinal beserta para pemangku adat dan budayawan se-Kabupaten Ciamis.

Turut mengikuti pawai budaya, beragam seni budaya khas Ciamis yang akan tampil pada puncak acara, mulai dari Bebegig Baladewa Sukamantri, Wayang Landung, dan bermacam kesenian lain. Sepanjang perjalanan, rombongan pawai budaya berhasil mencuri perhatian warga. Tidak sedikit masyarakat yang antusias mengabadikan iring-iringan pawai budaya.

Tiba di Pendopo Bupati Ciamis, rombongan disambut hangat Bupati Ciamis H. Iing Syam Arifin, didampingi Ketua DPRD Kabupaten Ciamis Nanang Permana, dan para raja dari Keraton Nusantara. Rombongan disambut dengan upacara adat yang menjadi tradisi budaya Sunda dalam setiap menyambut tamu kehormatan.

 

Koropak.co.id - Mieling Ngadegna Galuh, Spirit Melestarikan Sejarah (3)

 

Dijumpai Koropak selepas acara, Bupati Ciamis H Iing Syam Arifin menyambut baik acara "Mieling Ngadegna Galuh". Menurutnya kegiatan tersebut menjadi refleksi pelestarian sejarah daerah yang tidak lekang oleh waktu. Terlebih, Kerajaan Galuh merupakan latar belakang histori berdirinya Kabupaten Ciamis.

"Kita tidak boleh melupakan sejarah. Ini adalah sejarah kita, sejarah Kabupaten Ciamis. Kami bersyukur Kerajaan Galuh senantiasa berdiri tegak. Kami bangga pada peringatan kali ini dapat berlangsung sangat meriah. Banyak tamu-tamu dari kerajaan Nusantara. Kami harapkan ke depan acara Mieling Ngadegna Galuh dapat lebih meriah lagi, dengan melibatkan partisipasi masyarakat yang lebih banyak lagi," katanya.

Ditambahkan Bupati, kontribusi Kerajaan Galuh bagi pondasi pembangunan Kabupaten Ciamis sangat luar biasa. Semoga Kerajaan Galuh bukan hanya sejarahnya saja yang senantiasa harum dikenang dan khidmnat diperingati, tapi kontribusi kepada masyarakatnya dapat senantiasa ada, dan kian meningkat dari waktu ke waktunya.

 

Koropak.co.id - Mieling Ngadegna Galuh, Spirit Melestarikan Sejarah (1)

 

 

Baca : Mieling Ngadegna Galuh Segera Digelar

 

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Ciamis, Nanang Permana menuturkan momentum Mieling Ngadegna Galuh juga menjadi refleksi spirit masyarakat Kabupaten Ciamis untuk saling merasa memiliki Kerajaan Galuh.

"Belakangan pernah ada wacana perubahan nama Kabupaten Ciamis menjadi Kabupaten Galuh, progresnya sudah diajukan ke pusat namun ada beberapa unsur masyarakat yang tidak setuju," ucap Nanang.

Sebetulnya, kata Nanang, perubahan nama tersebut sangatlah bisa terjadi, andaikata masyarakatnya dapat kompak, satu suara untuk bersama mengusulkannya. Bahkan perubahan nama sebuah daerah dapat dikatakan sah hanya dengan melalui keputusan presiden yang dituangkan dalam Peraturan Presiden (Perpres).

"Jadi, jika spirit merubah nama Kabupaten Ciamis menjadi Kabupaten Galuh itu masih tinggi, itu semua dapat diwujudkan. Kuncinya, masyarakat harus kompak, bersama mengusulkan perubahan nama tersebut. Perubahan tersebut dapat terjadi dengan dorongan usulan bupati, dewan, dan gubernur. Kemudian diusulkan ke Pemerintah Pusat. Saat disetujui dan turun Peraturan Presiden, saat itu pula perubahan nama daerah itu sah," kata Nanang.*

 

Baca : Trah Kerajaan Galuh Diharap Lestarikan Warisan Leluhur

 


Berita Terkait