Busana Bupati Ciamis Tuai Kritikan

Minggu, 24 Maret 2019 17:31 Ahmad Mukhlis Daerah

Busana Bupati Ciamis Tuai Kritikan

 

Koropak.co.id - Ketua Dewan Kebudayaan Ciamis, Dr Yat Rospia Brata merasa ikut malu dan tersinggung melihat penampilan Bupati Ciamis Iing Syam Arifin yang terkesan tidak menghargai para tamu dari kerajaan se-nusantara. Banyak para raja dan sultan dari berbagai daerah yang bertanya kenapa Bupati Iing berpakaian santai di acara "Mieling Ngadegna Galuh" yang dinilai sakral.

"Ketua DPRD Ciamis Nanang Permana saja bisa berbusana adat sunda. Masak setingkat Bupati Ciamis tidak bisa, ini tidak masuk akal. Apapun alasannya, tidak akan bisa diterima publik di sebuah acara sakral, dia berbusana santai. Apalagi semua foto Kirab Budaya ditayangkan di semua media massa," ujar Yat kepada Koropak, Minggu (24/3/2019).

 

 

Koropak.co.id - Busana Bupati Ciamis Tuai Kritikan 2

 

Menurut Yat, ada ribuan mata menyaksikan helaran budaya Galuh di Pendopo Ciamis. Namun sang bupati ternyata tidak punya kepekaan menangkap makna Galuh sehingga ia tidak bisa menyesuaikan diri dengan momentum yang sedang berlangsung.

"Seharusnya Bupati Iing memberikan kesan indah menjelang lengser jabatannya. Tapi ia menutup masa jabatan dengan kenangan yang negatif hanya karena tidak peka dalam berbusana. Memori publik tidak akan bisa melupakan kenangan kurang baik yang diperlihatkan Bupati Iing," ujar Yat.

 

 

Koropak.co.id - Busana Bupati Ciamis Tuai Kritikan

 

Baca : Kerajaan Galuh Tercatat di Seluruh Sejarah Dunia

Hal yang sama disampaikan keturunan Kerajaan Talaga Raden Sila. Pihaknya rela jauh-jauh datang untuk menghormati proses sakral Mieling Ngadegna Galuh, tapi sang penguasa wilayah sendiri tidak bisa menghargai tamu. Ini seperti masalah kecil tapi akan terasa tidak nyaman sebab ada pihak yang dilecehkan.

"Etika kegaluhan sudah tidak di Pendopo Bupati Ciamis. Apapun alasannya sulit diterima sebab beliau yang punya wilayah, tapi tidak bisa menghormati tamu," ujar Sila.*

 

Baca : Mieling Ngadegna Galuh, Spirit Melestarikan Sejarah

 


Berita Terkait