Hari Air Se-Dunia, Angkat Sampah di Ciwulan

Minggu, 24 Maret 2019 22:07 Dede Hadiyana Daerah

Hari Air Se-Dunia, Angkat Sampah di Ciwulan


Koropak.co.id - Memperingati Hari Air Se-Dunia, Forum Komunikasi Pencinta Alam Tasikmalaya (FKPAT) bersama Republik Aer Tasikmalaya menggelar beragam kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Urug Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya, pada Jumat (22/3/2019) hingga Sabtu (23/3/2019).

Pelaksanaan kegiatan yang diikuti sekitar 500 orang peserta tersebut mengusung tema "Rinduku Jernihnya Sungaiku". Terdapat bermacam rangkaian kegiatan meliputi Camping, Sharing, aksi bersih-bersih sampah, penebaran ikan serta Deklarasi Sungai Bersih yang difokuskan di Sungai Ciwulan.

 

Koropak.co.id - Hari Air Se-Dunia, Angkat Sampah Di Ciwulan (2)

 

Kepada Koropak, Ketua Pelaksana Pipin Hidayat mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian terhadap lingkungan, khususnya di Kota Tasikmalaya sekaligus menyosialisasikan betapa pentingnya air bersih.

"Kami juga mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Tasikmalaya untuk tidak membuang sampah sembarangan, karena kita harus mengetahui bahwa sampah adalah salah satu penyebab tercemarnya air bersih. Selain itu, ketika membuang sampah sembarangan ke sungai, itu bisa mengakibatkan terjadinya banjir," ujarnya.

Dikatakan Pipin, pihaknya juga menginginkan bahwa Pemerintah Kota Tasikmalaya, salah satunya melalui Dinas Lingkungan Hidup untuk lebih memperhatikan dan menyikapi persoalan sampah yang menyangkut lingkungan.

 

Koropak.co.id - Hari Air Se-Dunia, Angkat Sampah Di Ciwulan

 

Baca : Besok, Hari Air Se-Dunia Diperingati

 

Sementara itu, Sekda Kota Tasikmalaya Drs H Ivan Dicksan M.Si., menuturkan kegiatan sosial tersebut merupakan salah satu bagian dari pengabdian para pencinta alam yang peduli terhadap lingkungan dan juga salah satu contoh penuntasan persoalan sampah yang menumpuk di sepanjang bantaran sungai Ciwulan.

"Dengan mengusung tema 'Rinduku Jernihnya Sungaiku', diharapkan, kepedulian tersebut bisa tersosialisasikan dan dapat mengetuk hati masyarakat lainnya untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar," ujarnya.* [dks]

 

Baca : Hari Air Se-Dunia Dibuka Sekda Kota Tasikmalaya



 


Berita Terkait