Dana Desa Belum Cair, Pemerintah Desa Puasa Anggaran

Senin, 25 Maret 2019 19:41 Ahmad Mukhlis Desa

Dana Desa Belum Cair, Pemerintah Desa Puasa Anggaran

 

Koropak.co.id - Ratusan kepala desa se-Kabupaten Ciamis selama tiga bulan ini berpuasa anggaran. Dana desa belum cair, sementara pengeluaran anggaran sudah tak terhitung. Pola pencairan dana desa per-triwulan, sedangkan kebutuhan tidak bisa ditunda.

"Saya banyak berhutang kepada pihak ketiga untuk membiayai operasional pemerintah desa. Bagi desa seperti kami yang tidak punya penghasilan dari tanah bengkok jelas situasi puasa anggaran adalah siksaan. Semoga ke depan situasi semacam ini bisa diperhatikan oleh pemerintah kabupaten," ujar Kepala Desa Pusakanagara Kecamatan Baregbeg, Ciamis, Wawan, Senin (25/3/2019).

Menurut Wawan, adanya dana desa memang sangat membantu. Namun karena cairnya per-triwulan akan menyulitkan percepatan pembangunan desa. Bahkan kepala desa juga ikut nombok dana, sebab tidak ada dana pendamping untuk menopang kiprah kepala desa.

"Kami mengandalkan dana pribadi kalau ada keperluan dengan warga. Tugas kepala desa itu 24 jam, sedangkan anggaran desa kan terbatas. Karena itu, kami sedang berpikir bagaimana menaikkan pendapatan desa," ujar Wawan.

 

Koropak.co.id - Dana Desa Belum Cair, Pemerintah Desa Puasa Anggaran 2

 

Baca : Pentingnya Transportasi Merata Hingga ke Desa

Hal senada disampaikan Kepala Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Muhammad Abdul Haris. Menurutnya, semua kepala desa di Ciamis pada awal tahun anggaran mengalami kelimpungan anggaran. Sejak ada dana desa, iuran desa tidak ada lagi. Tanah bengkok juga masih ada di sebagian desa tertentu. Tapi dana operasional pemerintah desa tetap saja menunggu dana desa yang cair triwulan sekali.

"Tidak semua desa punya kemandirian anggaran, oleh karena itu harus ada solusi agar pemerintah desa berjalan. Jangan biarkan kepala desa berhutang yang akhirnya menurunkan wibawa pemerintah," ujar Haris.*

 

Baca : Pengelolaan Dana Desa 2018 Dievaluasi

 


Berita Terkait