Dewan Usulkan Siswa Berolahraga Sebelum Masuk Kelas

Selasa, 26 Maret 2019 21:37 Clara Aditia Parlemen

Dewan Usulkan Siswa Berolahraga Sebelum Masuk Kelas

 

Koropak.co.id - Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Tasikmalaya, Hj Yoke Yulianti mengusulkan untuk digelorakan kembali gerakan berolahraga sebelum masuk kelas. Seperti gerakan senam pagi yang pernah digelorakan bertahun-tahun sebelumnya. Aktivitas olahraga pagi dinilai efektif dalam meningkatkan kebugaran siswa, karena siswa diajak bergerak aktif melibatkan seluruh sensor motoriknya.

Demikian disampaikan Hj Yoke kepada Koropak selepas Rapat Pembahasan Raperda Sistem Kesehatan Daerah yang digelar di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Tasikmalaya, Selasa (23/3/2019).

"Saya ingin di Kota Tasikmalaya ada regulasi yang khusus, baik itu melalui muatan lokal, atau bahkan kurikulum, yang mewajibkan siswa berolahraga sebelum memulai belajar, baik itu berupa senam pagi, maupun olahraga lainnya," katanya.

Yoke yang juga merupakan Sekretaris Pansus Pembahas Raperda Sistem Kesehatan Daerah menilai, program berolahraga sebelum masuk kelas bisa mendorong anak-anak lebih banyak bergerak aktif, yang dapat membuat para siswa terjaga kesehatan dan kebugarannya.

 

Baca : Dewan Harapkan Mutu Kesehatan Meningkat

 

Koropak.co.id - Dewan Usulkan Siswa Berolahraga Sebelum Masuk Kelas 2

 

Baca : Program Dinas Kesehatan Harus Sinkron Dengan RPJMD

 

Ditambahkan Yoke, selama ini pola hidup anak cenderung kurang bergerak. Apalagi masuknya globalisasi yang membuat anak-anak cenderung lebih memilih bermain games di smartphone dibanding aktif bermain di luar. Hal itu justru membuat mereka lebih pasif, yang jika dibiarkan akan dapat mempengaruhi kebugaran fisik anak. Pada akhirnya, akan membuat mereka rentan terkena penyakit.

"Mereka cenderung banyak bermain games jika dibanding bergerak aktif bermain di luar. Walapun ada games bertipe olahraga, tapi kan sensor motorik mereka tidak ikut terlibat langsung," katanya.

Oleh sebab itu, lanjut Yoke, melalui senam pagi tersebut, Dia menilai para siswa akan sering bergerak aktif, sehingga kebugaran mereka akan terjaga, pikiran akan fresh, dan para siswa siap menerima pelajaran.*

 

Baca : Dewan Bahas Sitem Kesehatan Daerah