Dewan Bahas Raperda Sistem Kesehatan Daerah

Selasa, 26 Maret 2019 21:51 Dede Hadiyana Parlemen

Dewan Bahas Raperda Sistem Kesehatan Daerah


Koropak.co.id - Jika dilihat dari masing-masing definisinya, Sistem Kesehatan Daerah adalah suatu tatanan, pedoman pelaksanaan yang bertujuan pada pembangunan kesehatan, yakni dengan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya.

Hal tersebut dikatakan Ketua Pansus Raperda Sistem Kesehatan Daerah sekaligus Ketua Komisi IV DPRD Kota Tasikmalaya dr Wahyu Sumawidjaja kepada Koropak usai Rapat Pembahasan Reperda Sistem Ketahanan Daerah yang berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Tasikmalaya, Selasa (26/3/2019).

"Pada dasarnya kita sudah memiliki Sistem Kesehatan Daerah sejak 2010 lalu. Akan tetapi perkembangannya saat ini, Sistem Kesehatan Nasional yang awalnya hanya Peraturan Menteri Kesehatan, sekarang sudah ditingkatkan statusnya menjadi Peraturan Presiden," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Dewan Bahas Raperda Sistem Kesehatan Daerah  (2)

 

Baca : Dewan Harapkan Mutu Kesehatan Meningkat

 

Peraturan Presiden yang dimaksud, kata Wahyu, adalah Perpres Nomor 72 tahun 2017. Sistem Kesehatan Daerah sendiri merujuk kepada sistem tersebut, yang merupakan implementasi program-program pelayanan kesehatan dengan skup nasional.

"Soal sistem, baik nasional maupun daerah, di bawahnya terdapat subsistem. Dalam Raperda Sistem Kesehatan Daerah yang tengah kita bahas, merangkum subsistem pelayanan kesehatan, subsistem sumber daya kesehatan, subsistem pembiayaan kesehatan, subsistem farmasi dan perbekalannya, subsistem upaya masyarakat dalam bidang kesehatan, serta subsistem manajemen kesehatan," katanya.

 

Lihat : Terkait BPJS, Dewan Tegaskan Masih Banyak PR

 

Ditambahkan Wahyu, yang disebut pembaruan terhadap Sistem Kesehatan Daerah, lebih dititikberatkan pada poin-poin pelayanan kesehatan yang krusial, contohnya saat terjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) masalah kesehatan.

"Pada prinsipnya sama, bahwa sistem kesehatan nasional itu sebagai pedoman dalam mencapai tujuan pembangunan kesehatan itu. Akan tetapi, lebih dikembangkan lagi dengan isu-isu yang muncul di Kota Tasikmalaya saat ini," ucapnya.*

 

Baca : Dewan Usulkan Siswa Berolahraga Sebelum Masuk Kelas

 

 

 


Berita Terkait