Pentas PAI, Perkokoh Karakter Generasi Muda

Jum'at, 08 Maret 2019 16:00 D. Farhan Kamil Daerah

Pentas PAI, Perkokoh Karakter Generasi Muda


Koropak.co.id - Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) SD Tingkat Kabupaten Tasikmalaya tahun 2019, diharapkan dapat memperkokoh dalam mewujudkan bangsa yang berkarakter.

Demikian disampaikan Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto, S.IP dalam kegiatan Pentas PAI yang berlangsung di Gedung Islamic Center Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (8/3/2019).

"Terimakasih atas terlaksananya Pentas PAI ini di Kabupaten Tasikmalaya. Kegiatan ini dapat memperkokoh niat serta sikap kita dalam mewujudkan bangsa yang berkarakter, terutama bagi para generasi muda penerus bangsa," ujar Bupati.

 

koropak.co.id - Pentas PAI, Perkokoh Karakter Generasi Muda (1)

 

Ditambahkan Bupati, kegiatan seperti ini haruslah dilaksanakan secara berkelanjutan setiap tahunnya, sebagai salah satu wadah dalam menumbuhkan minat, bakat, dan kreativitas, sekaligus memacu motivasi untuk meningkatkan prestasi di bidang keterampilan serta seni PAI bagi para peserta didik.

"Pesan kami, untuk menguatkan karakter bangsa, perlu adanya pondasi pendidikan terutama dalam penguatan ideologi bangsa dengan memberilan pemahaman tentang 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika serta ideologi agama yang mengajarkan kebaikan, toleransi, perdamaian dan moderasi," katanya.

Bupati optimis bila generasi bangsa mempunyai pemahaman tersebut, mereka akan memiliki imunitas dan pembanding, terutama saat mendapatkan pengetahuan baru. Mereka juga akan memiliki saringan dalam menghadapi serangan ideologi asing.

 

koropak.co.id - Pentas PAI, Perkokoh Karakter Generasi Muda (4)

 

Baca : Pemerintah Prihatin Terhadap Nasib Guru Honorer

Menurut Bupati, pendidikan karakter merupakan salah satu sistem pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter bangsa yang di dalamnya terdapat komponen pengetahuan, serta kesadaran atau kemampuan dan tindakan untuk melakukan nilai-nilai karakter bangsa tersebut.

“Tujuan utamanya membentuk karakter hingga menjadi pribadi yang bermoral, berkarakter mulia, bertoleransi, tangguh dan berperilaku baik. Semoga itu semua tertanam pada siswa di Kabupaten Tasikmalaya,” ujar Bupati.*

 

Baca : Ribuan Honorer Berkeluh Kesah di Gedung DPRD