Harapan Solidaritas dan Soliditas Asep Asep

Rabu, 27 Maret 2019 15:02 Admin Nasional

Harapan Solidaritas dan Soliditas Asep Asep


Koropak.co.id - Nama "Asep" sangat populer dan familiar di kalangan masyarakat sunda. Bahkan berbeda dengan William Shakespere, seorang filsuf dan sastrawan berkebangsaan Inggris, yang berpandangan liris "Apa arti sebuah nama?".

Justru nama "Asep" lebih dari sekedar sebuah nama, bahkan telah menjadi bagian dari identitas kultural etnis masyarakat Sunda yang populasinya hampir 73 persen dari seluruh populasi masyarakat Provinsi Jawa Barat.

Itulah sebabnya pemilik nama "Asep" dengan varian tambahan nama di belakangnya begitu besar jumlahnya di Jawa Barat, yang di kemudian hari mereka berhimpun dalam komunitas sosial seperti "Paguyuban Asep Asep" dan lainnya.

Dijumpai Koropak, Rabu (27/3/2019) sebuah perhimpuan sosial yang menandai keingingan kolektif untuk menjaga kelestarian lingkungan sosial kulturalnya dalam keseimbangan manfaat secara lahiriah dan spritual sebagaimana tersirat dari spirit arti dan makna nama "Asep" sendiri, yang berarti baik secara fisik, kuat secara spritual dan secara kolektif diikat tanggungjawab bersama untuk menjaga marwah dan nama baik diri, keluarga dan identitas sosial kulturalnya.

"Dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) nama 'Asep' adalah khas Indonesia mewakili identitas kultural etnis Sunda , salah satu etnis terbesar yang memperindah pelangi ke-Indonesia-an yang berbeda beda," katanya.

 

Koropak.co.id - Harapan Solidaritas dan Soliditas Asep Asep

 

Baca : Asep Syaripudin Berdayakan UKM

Oleh sebab itulah, ucap Asep, dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) KPU Jawa Barat, nama "Asep" tercatat mencapai 350 ribu orang. Maka, penting artinya untuk diperkuat solidaritas dan soliditas elektoralnya dalam kontestasi Pemilu 2019 sebagai bagian dari ikhtiar bersama untuk meneguhkan identitas kulturalnya dalam peran peran sosial mewaliki "Komunitas Asep Asep" di lembaga negara bersama keragaman etnis lain dalam harmoni ke-Indonesia-an yang kuat dan bersatu.

"Secara pribadi, saya mohon doa restunya dari dulur Asep, dan bertekad untuk berjuang mengangkat marwah 'Asep Asep' dalam arena resmi untuk bicara lantang di Senayan nanti, tentang pemberdayaan ekonomi Asep, pengembangan pendidikan non formal ala Asep, semangat Asep dalam pemekaran desa, pelestarian seni budaya kreasi Asep dan inovasi Asep dalam smart intelegence millenium, Ti Asep Ku Asep Keur Balarea," ujarnya.

Harapannya, lanjut Asep, solidaritas dan soliditas "Asep Asep" akan menjadikan "Rumah Besar Asep" sebagai rumah ekonomi, rumah kader, rumah entrepreneur, rumah kreasi seni, rumah usaha, rumah politik yang berwibawa dan menjadi rumah yang ideal untuk harapan balarea.*

 

Baca : Lebih Dekat Dengan Asep Syaripudin

 


Berita Terkait