Perda SKD Cegah Perluasan Penyebaran Penyakit

Rabu, 27 Maret 2019 15:51 Dede Hadiyana Parlemen

Perda SKD Cegah Perluasan Penyebaran Penyakit

 

Koropak.co.id - Dalam Raperda Sistem Kesehatan Daerah, terdapat poin yang mengatur tentang penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB) dalam masalah kesehatan. Mulai dari upaya penanganannya hingga tim respons cepat.

Hal itu dikatakan Ketua Komisi IV DPRD Kota Tasikmalaya dr Wahyu Sumawidjaja usai rapat pembahasan Raperda Sistem Kesehatan Daerah yang berlangsung di ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Tasikmalaya, Selasa (26/3/2019).

"Raperda Sistem Kesehatan Daerah yang saat ini kita bahas, diusulkan dalam rangka pengendalian penyakit, termasuk pencegahannya. Jika dilihat kembali, pada dasarnya penyakit itu terbagi dua, yakni penyakit menular dan tidak menular," katanya.

 

Koropak.co.id - Perda SKD Cegah Perluasan Penyebaran Penyakit (2)

 

Baca : Jangan Persulit Layanan Kesehatan Bagi Masyarakat

 

Ditambahkan Wahyu yang juga Ketua Pansus Pembahas Raperda Sistem Kesehatan Daerah, hal yang menjadi bahaya adalah saat terjadi KLB pada penyakit yang menular. Di regulasi ini, kita atur upaya penanganannya, sekaligus pencegahan agar jangan sampai terjadi penularan penyakit tersebut kepada masyarakat lain.

"Apabila sudah terjadi penularan hingga mewabah ke masyarakat lainnya, itu masuk kategori KLB karena akan lebih banyak lagi masyarakat yang terancam terpapar wabah penyakit menular tersebut" kata Wahyu.

Hal tersebut, lanjut Wahyu, harus bisa dikendalikan, agar jangan sampai terjadi penyebaran lebih luas yang akan mengancam masyarakat daerah secara keseluruhan.

"Bahkan bukan mustahil, KLB itu bisa menyebar lebih luas lagi hingga ke wilayah lainnya. Ini yang tidak kita harapkan," ucapnya.*

 

Baca : Dewan Bahas Sistem Kesehatan Daerah

 


Berita Terkait