Perhatikan Layanan Kesehatan Masyarakat Kecil

Rabu, 27 Maret 2019 17:34 Clara Aditia Parlemen

Perhatikan Layanan Kesehatan Masyarakat Kecil


Koropak.co.id - Ada sebuah ketimpangan yang terjadi dalam layanan kesehatan masyarakat, khususnya id kalangan masyarakat kecil. Saat mereka sakit, dan membutuhkan layanan kesehatan, tidak jarang mereka mendapat kesulitan, terutama saat hendak dirawat inap.

Demikian disampaikan Anggota Komisi IV DPRD Kota Tasikmalaya, Sri Puspitawati kepada Koropak selepas Rapat Pembahasan Raperda Sistem Kesehatan Daerah yang digelar di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Tasikmalaya, Selasa (23/3/2019).

"Masyarakat berada atau tidak, kalau sakit sudah muncul, ya tidak bisa dihindari. Di sini dibutuhkan hadirnya peranan pemerintah untuk memperhatikan layanan kesehatan bagi masyarakat kecil. Pemerintah harus mendorong rumah sakit, khususnya swasta agar jangan sampai mempersulit akses kesehatan bagi masyarakat kecil," katanya.

 

Baca : Dewan Harapkan Mutu Kesehatan Meningkat

Kesulitan tersebut, kata Sri, paling banyak dikeluhkan soal layanan rawat inap. Pihaknya sering menerima keluhan dari masyarakat mengenai pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Swasta. Berdalih kamar penuh, masyarakat kecil sering tidak kebagian ruang rawat inap. Hal itu rata-rata dialami pasien dengan kartu BPJS Kesehatan.

"Mungkin, supaya ada pemasukan ke pihak rumah sakitnya, bagi masyarakat kecil dengan kartu BPJS, pihak rumah sakit sering bilang tidak ada ruangan, supaya bisa ditingkatkan kelas rawat inapnya. Itu masih menjadi permasalahan hingga saat ini." ucapnya.

 

Baca : Dewan Bahas Sistem Kesehatan Daerah

Permasalahan tersebut, kata Sri, harus diperjuangkan. Dengan adanya Raperda Sistem Kesehatan Daerah, diharapkan dapat memperbaiki pelayanan kesehatan bagi masyarakat, khususnya kalangan masyarakat kecil.

"Masyarakat harus dimudahkan saat membutuhkan layanan kesehatan," tutur Sri.

 

Baca : Perda SKD Cegah Perluasan Penyebaran Penyakit

 


Berita Terkait