PW DMI Siap Kawal Program Pemprov Jabar

Kamis, 28 Maret 2019 07:58 D. Farhan Kamil Provinsi

PW DMI Siap Kawal Program Pemprov Jabar

 

Koropak.co.id - Gubernur Jawa Barat, H. Ridwan Kamil mengatakan, program Kredit Mesra yang diluncurkan November 2018 lalu, merupakan upaya Pemprov Jabar untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pembiayaan mikro.

Program ini digagas untuk meningkatkan aksesibilitas masyarakat, khususnya dalam mengakses permodalan melalui rumah ibadah.

"Masyarakat tinggal datang ke masjid terdekat yang sudah ditunjuk untuk mendapatkan pinjaman modal tersebut, lalu meminta rekomendasi dari ketua atau pengurus DKM yang ditunjuk," kata Gubernur yang akrab disapa Emil tersebut, seusai menghadiri acara pelantikan PW DMI Jawa Barat di Gedung Sate Bandung, Selasa (26/3/2019).

Dengan semakin banyaknya daerah yang menerapkan program Kredit Mesra, maka akan berdampak luas pada pengurangan angka kemiskinan di Indonesia. Kredit Mesra, kata dia, menjadi instrumen keuangan syariah yang terus didorong karena dianggap memudahkan masyarakat.

"Instrumen keuangan syariah terus kita dorong, salah satunya kredit Mesra ini karena dianggap memudahkan dan sukses, maka keberhasilannya akan diterapkan oleh DMI Pusat di seluruh masjid se-Indonesia. Saya mah senang saja, karena semakin banyak maka semakin bagus," ucap Emil.

 

 

Koropak.co.id - PW DMI Siap Kawal Program Pemprov Jabar (1)

 

Baca : Bupati Tasikmalaya Beharap Banyak Kepada DMI

 

Emil menegaskan, pada dasarnya, masjid adalah instrumen peradaban yang multidimensi. Bukan hanya tempat ibadah sesuai syariat Islam, melainkan juga menjadi tempat pengembangan sosial maupun ekonomi.

"Melalui kerja sama dengan DMI, maka gerakan program Kredit Mesra akan lebih masif," katanya.

Saat ini, kata Emil, keberadaan warga miskin masih cukup banyak, khususnya di Jawa Barat. Karena itu, pihaknya merasa perlu mendorong ukhuwah keumatan. "Saya inginkan warga Jabar ini sejahtera lahir bathin," ucapnya.

Ditambahkan Emil, pelantikan PW DMI Jawa Barat yang telah lama dinanti, diharapkan dapat menggenjot Kredit Mesra, karena dengan adanya kepengurusan anyar, maka akan lebih mengoptimalkan rapat kerja dan pelaksanaan program tersebut lebih masif lagi.

 

Baca : Pengurus PW DMI Jabar Dilantik

 

Sementara itu, Wakil Ketua PW DMI Jawa Barat sekaligus Ketua Umum PD DMI Kabupaten Tasikmalaya, KH. Drs Dede Saeful Anwar, M.SI mengatakan, DMI adalah mitra atau partner pemerintah yang akan bersinergi untuk menyukseskan program-program pemerintah terkait keumatan, terutama melalui masjid.

"Banyak agenda besar yang akan kita tuntaskan di tiga bulan pertama kepengurusan PW DMI, salah satunya kerjasama dengan Pemerintah Negara Sudan," ujarnya.*

 

Baca pula : DMI Kabupaten Tasikmalaya Dukung BJB Mesra

 


Berita Terkait