Jalan Berlubang Ancaman Pengendara

Jum'at, 29 Maret 2019 10:24 D. Farhan Kamil Daerah

Jalan Berlubang Ancaman Pengendara

 

Koropak.co.id - Musim hujan menyebabkan jalan provinsi yang melintasi Kabupaten Tasikmalaya, mengalami kerusakan cukup serius.

Meski tidak menyeluruh, namun di beberapa titik terutama dari mulai Tenjowaringin (Salawu) perbatasan Kabupaten Tasikmalaya - Garut, hingga kawasan Cikunir Desa Cikunir Kecamatan Singaparna terlihat lobang menganga dengan sisi-sisi dindingnya runcing. Kondisi tersebut mengancam terjadinya ban gembos saat melindas lobang tersebut.

Titik lubang terparah berada di perempatan Muktamar Cipasung serta beberapa titik di daerah Cintaraja. Sejumlah lobang terlihat dengan kedalaman antara 10 hingga 70 centimeter dan diameter lebih dari satu meter.

Salah seorang pengawas Binamarga Provinsi Jawa Barat, Rosyidin mengakui adanya kerusakan jalan yang berlubang akibat genangan air berlarut larut dan mengikis lapisan hotmix.

"Kerusakannya tak menyeluruh, tetapi setiap satu kilometer ada dua sampai tiga titik yang berlubang, mulai wilayah Cikunir hingga perbatasan Garut" ujar Rosyidin, Kamis (28/3/2019).

 

Koropak.co.id - Jalan Berlobang Ancaman Pengendara (2)

 

 

Baca : Hujan Deras Sebabkan Jalan Gunungtanjung Amblas

 

Menurutnya, tahun 2019 ini ada perbaikan jalan secara bertahap di beberapa titik terutama untuk menutup lubang-lubang yang sudah sangat parah.

Sementara itu, warga Cintaraja sengaja menanam pohon pisang lengkap dengan buahnya, untuk menandai sekaligus menutup beberepa lubang yang menganga cukup parah.

Selain kerap menjadi penyebab kemacetan, lobang tersebut sering mengakibatkan kecelakaan terutama pengendara motor di malam hari.

"Sengaja kita tanam pohon pisang karena banyak kecelakaan, lubangnya besar. Kecelakaan motor jatuh sering nyamah, tidak ada rambu juga yang dipasang di sini," ucap salah seorang penanam pohon pisang di Jalan Cintaraja, Agus.*

 

Baca : Jalan Desa Puloerang Rusak Parah



 


Berita Terkait