Hari Ini, World Autism Awareness Day Diperingati

Selasa, 02 April 2019 17:50 Erni Nur'aeni Nasional

Hari Ini, World Autism Awareness Day Diperingati


Koropak.co.id - Autisme adalah gangguan neurologis yang mempengaruhi fungsi otak dan menjadi salah satu kelainan, yang bisa terjadi pada anak-anak maupun dewasa. Hari ini, Selasa (2/4/2019) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) membuat Hari Penyadaran Autisme se-Dunia atau dikenal dengan istilah World Autism Awareness Day sebagai upaya mendorong perhatian dari belahan dunia terhadap penderita autis.

Dengan kecenderungan cara berfikir mereka yang unik, terkadang anak-anak autis cerdas dan memiliki bakat di bidang tertentu, karena pada umumnya tingkat daya ingat anak autis baik dan juga jelas. Sehingga banyak masyarakat yang menyimpulkan bahwa mereka cerdas dan berbakat. Sejauh ini berbagai studi masih dilakukan bahwa anak autis bisa genius jika diberikan kesempatan untuk menonjolkan bakatnya.

Beberapa alasan yang menyebabkan mereka memiliki kecerdasan mengagumkan ialah dari tingkat konsentrasi tinggi, tidak seperti kebanyakan anak lainnya. Spektum autis ternyata mampu menjaga fokus dan konsentrasi terhadap satu hal. Bahkan biasanya mereka akan cepat menguasai matematika atau kode dalam sebuah program komputer.

 

 

Koropak.co.id - Hari Ini, World Autism Awareness Day Diperingati 1

 

Baca : Puncak Peringatan Hari TBC Digelar di Tasikmalaya

Tidak itu saja, anak autis memiliki daya ingat tajam sehingga mampu mengingat hal-hal yang ditemuinya. Mereka akan mudah dan cepat menerima suatu materi karena dapat merekam serta menirukan sesuatu yang diberikan oleh guru maupun orang tuanya.

Mereka juga seorang pemerhati yang detail, sehingga apabila mereka dihadapkan dengan suatu masalah akan langsung mencari agar permasalahannya dengan cepat serta solusi tepat. Berdasarkan penelitian oleh King's College di Inggris, orang yang berada dalam spektrum autisme, akan cenderung mengandalkan logika daripada emosinya saat mengambil sebuah keputusan. Hal itu disebabkan daripada mengandalkan rasa marah, takut ataupun bahagia, mereka akan lebih mementingkan logika dan objektif dalam keputusan.*

 

Baca : TBC Mudah Menular dan Mengancam Jiwa