Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya Jemput Warga

Rabu, 03 April 2019 22:05 D. Farhan Kamil Daerah

Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya Jemput Warga


Koropak.co.id - Hingga dua pekan menjelang Pemilu 2019, tercatat sekitar 11 ribuan warga yang memiliki hak pilih belum memiliki KTP-el. Salah satu alasannya karena belum dilakukan perekaman sebagai dasar pencetakan KTP-el maupun Suket.

Untuk mempercepat pelayanan pemenuhan kebutuhan KTP-el tersebut, beberapa pekan terakhir, pihak Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya melakukan kunjungan atau jemput bola ke beberapa titik di sejumlah kecamatan terutama ke daerah daerah terpencil.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya, H. Nazmudin melalui Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya, H. Wawan menyebutkan, dari 1.299.808 wajib KTP di Kabupaten Tasikmalaya, tercatat sekitar 11.700 orang yang belum dilakukan perekaman atau 0,9 persen.

Tetapi, setelah dilakukan perekaman keliling sekaligus pencetakan KTP-el, hingga saat ini diperkirakan masih tersisa sekitar 0,5 persen yang belum dilakukan perekaman. "Cara jemput bola ini yang dinilai sangat efektif untuk memberikan pelayanan pemenuhan keinginan warga terhadap KTP-el. Kami akan terus melakukan cara seperti ini sebagai upaya mengejar target 100 persen kepemilikan KTP-el," kata Wawan, Rabu (3/4/2019).

 

 

Koropak.co.id - Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya Jemput Warga (2)

 

Baca : Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Buka Mata Awasi ASN


Selain mendata warga hingga pelosok, Disdukcapil dengan dua tim berbeda dan dibekali fasilitas pencetakan KTP-el yang terintegrasi dengan komputer berbasis jaringan internet.

"Kami menerjunkan tim dengan dua kendaraan berbeda masuk ke pelosok-pelosok terpencil. Sehingga warga tak lagi harus datang dan ngantri ke Kantor Disdukcapil untuk urusan KTP-el," tuturnya.

Bahkan tambah dia, dalam rangka akselerasi penuntasan KTP-el termasuk menjamin hak politik menjelang Pemilu, pihaknya membuka pelayanan pencetakan KTP-el pada hari hari libur hingga hari H pencoblosan (17/4/2019).

Ditambahkan, buah kerja keras tim serta dorongan Bupati Tasikmalaya, H. Ade Sugianto dalam hal pelayanan perekaman KTP-el, secara nasional Kabupaten Tasikmalaya termasuk the best, dari 4 kabupaten/kota di Indonesia dan diundang pemerintah pusat untuk memantau jalannya proses perekaman di Papua.*

 

Baca : Disdukcapil Hentikan Pencetakan KTP-el