Masjid Jangan Hanya Bersih Tapi Juga Sehat

Sabtu, 06 April 2019 20:10 D. Farhan Kamil Provinsi

Masjid Jangan Hanya Bersih Tapi Juga Sehat


Koropak.co.id - Direktur Indonesia Center for Sustainable Development (ICSD) Foundation, Ir. H. Deni Rusyandi mengatakan, dari penelitian sejumlah masjid yang dilakukan baru-baru ini di beberapa daerah di Indonesia termasuk di Jawa Barat, 80 persennya dalam kondisi tidak higienis dan cenderung kotor, terutama di toilet atau wc serta karpet atau lantai serta tempat wudhu.

Sekalipun ada aksi bersih-bersih, namun tidak memenuhi standar ketentuan yang benar. Alhasil, masjid tetap terkesan tidak terawat dan menimbulkan rentanitas tumbuhnya penyakit.

"Atas keprihatinan terhadap fakta seperti itu, kami mengintervensi masjid-masjid melalui program Training Of Training (TOT), bersih-bersih masjid sekaligus memberikan fasilitasi alat-alat kebersihannya. Program ini merupakan kerjasama antara DMI, ICSD Foundation dan PT Uniliver," kata Deni, seusai acara bimbingan dan pelatihan bersih-bersih masjid bersama 200 ketua atau pengurus DKM di 6 wilayah kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (6/4/2019).

Acara TOT bersih-bersih masjid yang digelar di Pendopo Baru Kabupaten Tasikmalaya dan dibuka oleh Plt Kabag Kesra Setda Kabupaten Tasikmalaya Drs.H. Asep Darisman itu, dihadiri Ketua PD DMI Kabupaten Tasikmalaya, KH. Dede Saeful Anwar, M.Pd dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tasikmalaya sekaligus anggota DMI Kabupaten Tasikmalaya Bidang Pengembangan Potensi Muslimah dan Anak.

 

Koropak.co.id - Masjid Jangan Hanya Bersih Tapi Juga  Sehat (3)

 

Baca : PW DMI Siap Kawal Program Pemprov Jabar

Menurutnya, program TOT bertujuan untuk menciptakan masjid dan lingkungannya bersih dan sehat apalagi menghadapi Ramadan yang diwarnai peningkatan aktifitas di dalam masjid. Sehingga, apabila masjid bersih tentu akan menciptakan kenyamanan tersendiri bagi para jemaah masjid.

Lebih jauh lagi, program ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat bahwa kebersihan masjid dan lingkungannya bukan saja menjadi tanggung jawab pengurus masjid, tetapi juga menjadi kewajiban masyarakat yang berada di lingkungan masjid tersebut.

"Itu inti dari program TOT. Kita ingin masyarakat memiliki tanggung jawab terhadap kebersihan dan kesehatan masjid demi kenyamanan jamaah dan masyarakat di lingkungannya," kata Deni.

Ditambahkan Deni, untuk tahun 2019 ini khususnya di wilayah Jawa Barat, TOT bersih-bersih masjid dilakukan di dua daerah yakni Kabupaten Tasikmalaya dan Kota Bandung dengan jumlah DKM yang diintervensi sebanyak 400 masjid.

"Tahun ini kita mengintervensi 400 masjid di wilayah Jawa Barat. Adapun jumlah masjid yang telah diintervensi sejak tahun 2017 hingga tahun ini, mencapai 5.000 masjid," ucapnya.

 

Koropak.co.id - Masjid Jangan Hanya Bersih Tapi Juga  Sehat (5)

 

Baca : Bupati Tasikmalaya Beharap Banyak Kepada DMI

 

Ketua DMI Kabupaten Tasikmalaya KH. Dede Saeful Anwas, M.SI mengatakan, selain shalat dan ibadah-ibadah lainnya, Imaaratul Masaajid (Memakmurkan Masjid) juga bermakna memperbaiki fisik bangunan yang rusak, membersihkan yang kotor dan menata serta mengindahkan sarana dan prasarana masjid, sehingga jemaah di dalamnya merasakan aman dan nyaman.

"DMI juga berharap, melalui kegiatan TOT ini, menjadi motivasi bagi seluruh pengurus masjid untuk berlomba-lomba memakmurkan masjid yang salah satunya menjaga dan merawat masjid dari sisi kebersihan dan kesehatannya," kata KH. Dede.

Di Akhir acara, Direktur ICSD Foundation menyerahkan hadiah dan penghargaan kepada Ketua DKM Nurul Falah Desa/Kecamatan Mangunreja sebagai masjid terfavorit, program Bersih-Bersih Masjid (BBM) tingkat Kabupaten Tasikmalaya tahun 2018.*

 

Baca : Museum Nabi Muhammad Bakal Ada Di Indonesia

 


Berita Terkait