Bekas Pojok Sampah Itu Kini Cantik dan Asri

Sabtu, 06 April 2019 21:37 Dedi Sofwan Desa

Bekas Pojok Sampah Itu Kini Cantik dan Asri


Koropak.co.id - Nama "Dilan" merupakan judul salah satu film nasional yang cukup laris di kalangan milenial beberapa waktu lalu. Nama tersebut hingga kini masih melekat dan tidak asing lagi bagi kaum milenial. Saat ini di Kabupaten Garut tepatnya di Desa Situgede Kecamatan Karangpawitan kata "Dilan" sedang menjadi trending topik, khususnya di kalangan milenial.

Nama "Dilan" yang dimaksud di Kabupaten Garut yakni Taman Dilan, yang merupakan sinonim dari "Dina Limbah Ban". Jadi, Taman Dilan artinya Taman yang dibuat dari limbah ban," ujar Kepala Desa Situgede, Dedi Suryadi kepada Koropak, Sabtu (6/4/2019).

Taman tersebut, lanjut Dedi, berada tepat di samping Kantor Desa Situgede, Jalan Raya Karangpawitan, Kabupaten Garut, yang sebelumny merupakan . Dan sebelum menjadi Taman Dilan, tempat ini awalnya merupakan Tempat Pembuangan Sampah (TPS).

 

Koropak.co.id - Bekas Pojok Sampah Itu Kini Cantik dan Asri (2)


"Di samping Kantor Desa yang seharusnya steril dari sampah, lalu kami berkoordinasi dengan Dinas Kebersihan agar TPS tersebut dialihkan ke tempat yang lain sehingga tidak mencemari lingkungan Kantor Desa. Setelah TPS tersebut dipindahkan, masyarakat tetap saja membuang sampah di situ," katanya.

Setelah dimusyawarahkan kembali dengan jajaran pengurus desa, tercetuslah ide menyulap tempat tersebut yang dengan konsep taman agar masyarakat tidak membuang sampah lagi.

"Taman Dilan ini dibuat dengan memanfaatkan ban bekas. Awalnya mau menggunakan pot bunga tetapi dirasa kurang efektif dan resiko rusak atau pecah cukup besar. Maka digunakanlah ban bekas untuk wadah tanamannya. Untuk sementara ini, baru ada 1 titik Taman Dilan. Ke depannya, kami akan membuat beberapa Taman Dilan lainnya di beberapa titik," ucapnya.*

 

Baca : Hari Pertama, Dilan 1991 Raup 800 Ribu Penonton

 


Berita Terkait