Disnaker Garut Ancam Cabut Izin Tenaga Kerja Asing

Selasa, 09 April 2019 13:32 Dedi Sofwan Daerah

Disnaker Garut Ancam Cabut Izin Tenaga Kerja Asing


Koropak.co.id - Kepala Disnaker Pemprov Jabar, M.A Afriandi memimpin langsung pertemuan dengan PT Daux Cosmetics yang berlangsung di Gedung Citanduy, Kantor Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan Wilayah IV Provinsi Jawa Barat, Jalan Ahmad Yani No 21 Garut, Senin (8/4/2019).

Pertemuan tersebut dalam rangka menindaklanjuti proses nota pemeriksaan yang dilakukan oleh UPTD Pengawasan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Wilayah V Pemerintah Provinsi Jawa Barat terhadap PT Daux Cosmetics yang berdomisili di Jalan Tegal Kurdi, Copong Garut.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan sejak Januari hingga Februari tahun 2019, menghasilkan beberapa poin nota pemerikasaan di antaranya terkait masalah upah, BPJS Ketenagakerjaan, tenaga asing, wajib lapor dan lainnya.

Oleh sebab itu, pertemuan tersebut digelar untuk mempertanyakan apakah nota pemeriksaan tersebut sudah ditindaklanjuti PT Daux Cosmetics.

 

Koropak.co.id - Disnaker Garut Ancam Cabut Izin Tenaga Kerja Asing (3)

 

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Disnaker Kabupaten Garut, Kepala UPTD Pengawasan Wilayah V Disnaker Pemprov Jabar, Manajemen PT Daux Cosmetics dan pekerja dari PT Daux Cosmetics.

Dikatakan Afriandi, setelah melihat dokumen yang diserahkan oleh PT Daux Cosmetics ada beberapa point yang sudah dipenuhi seperti wajib lapor perusahaan secara online, berikut jumlah tenaga kerja.

"Menyoal BPJS Ketenagakerjaan, walaupun belum 100 persen pekerja didaftarkan BPJS Ketenagakerjaan, PT Daux Cosmetics akan menyelesaikan secara bertahap," katanya.

Untuk masalah upah kata Afriandi, dalam peraturan sudah ada mekanisme apabila suatu perusahaan belum bisa memenuhi upah minimun maka perusahaan tersebut bisa mengajukan penangguhan pembayaran upah.

Ditegaskan Afriandi saat ini PT Daux Cosmetics sedang menjalani sanksi yakni pemblokiran terhadap tenaga asing.

"Kalau PT Daux Cosmetics tidak melakukan perbaikan tentunya pihaknya akan melakukan pencabutan izin tenaga asing. Kalau sampai hal tersebut dilakukan otomatis perusahaan akan berhenti," ucapnya.

 

Koropak.co.id - Disnaker Garut Ancam Cabut Izin Tenaga Kerja Asing (1)

 

Baca : Suarakan Penolakan Tenaga Kerja Asing

Baca : HIMA Persis Tolak Tenaga Kerja Asing

 

Saat dipertanyakan mengenai batas waktu kewajiban PT Daux Cosmetics untuk memenuhi kewajiban berdasarkan nota pemeriksaan, Afriandi menjelaskan bahwa seharusnya Senin (8/4/2019) pihaknya mengeluarkan laporan khusus.

"Tapi intinya, pihaknya melihat proses tindaklanjutnya dari nota pemeriksaan tersebut. Ini yang belum dikomunikasikan dengan baik. Makanya kami melakukan jemput bola, tidak saling menunggu," ujarnya.

Sementara itu Kepala Disnaker Kabupaten Garut, Rd Tedi menegaskan ke depan, jika ada perusaan baru yang berinvestasi di Garut tetapi tidak memenuhi kewajiban sesuai dengan peraturan pemerintah atau Undang-Undang, akan dipersilahkan angkat kaki dari Garut.

"Ada dua kewajiban yang harus dilakukan segera oleh PT Daux Cosmetics yakni masalah BPJS Ketenagakerjaan dan kekurangan upah minimum," ujarnya.*

 

Lihat : Pemuda Pancasila Geruduk DPRD Tuntut Hak Pekerja



 


Berita Terkait