Aturan Penggunaan Dana Desa Disosialisasikan

Rabu, 10 April 2019 20:02 Ahmad Mukhlis Provinsi

Aturan Penggunaan Dana Desa Disosialisasikan

 

Koropak.co.id - Kejaksaan Tinggi Jawa Barat bekerjasama dengan Kejaksaan Negeri Ciamis melakukan sosialisasi aturan dana desa, Selasa (9/4/2019) di Islamic Center Ciamis. Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Pangandaran H. Adang Hadari, Plh. Bupati Ciamis H. Asep Sudarman, dan unsur Muspida Ciamis.

Kegiatan tersebut merupakan wujud upaya preventif terhadap penyalahgunaan anggaran desa, yang diaktualisasikan dengan mengadakan kegiatan tentang evaluasi perencanaan pemanfaatan tentang laporan Dana Desa.

Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat R.H.Arie Arifin SH.Hum, mengatakan kegiatan tersebut digelar dalam rangka pengawasan penggunaan dan pendampingan pemanfaatan Dana Desa.

"Kami mengevaluasi sejauh mana penggunaanya untuk wilayah Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Pangadaraan,” ucap Arie.

 

Koropak.co.id - Aturan Penggunaan Dana Desa Disosialisasikan (2)

 

Dari hasil pengamatan, kata Arie, untuk capaian pemanfaatan dana desa di wilayah Ciamis dan Pangandaran sudah sangat baik. Sejauh ini belum ditemukan laporan penyimpangan, karena belum ada tembusan di masing-masing wilayah.

"Saya berharap kepala desa yang menerima Dana Desa agar taat aturan, dengan mengikuti ketentuan yang ada. Gunakan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan masyarakat desa. Jangan terjadi penyimpangan, apalagi terjadinya indikasi-indikasi korupsi," ujar Arie.

Menurut Arie, indikator penyimpangan diukur dari ketidak-sesuaian alokasi dengan peruntukanya atau bahkan dipergunakan untuk hal-hal yang tidak sesuai dengan perencanaan. Personal yang tahu persis pelaksanaannya adalah kepala desanya sendiri. Maka jangan ada penyalahgunaan dengan cara mark up dan masuk ke nomor rekening pribadi.*