Wujudkan Pemerintah Transparan dan Akuntabel

Kamis, 11 April 2019 14:52 Dede Hadiyana Parlemen

Wujudkan Pemerintah Transparan dan Akuntabel


Koropak.co.id - Dalam Rapat Paripurna ke-7 DPRD Kota Tasikmalaya Pembukaan Masa Persidangan III Tahun Sidang 2018-2019, Senin (8/4/2019) Perwakilan daerah pemilihan III yang meliputi Kecamatan Cibeureum, Tamansari dan Purbaratu, Anang Sapaat, S.Sos., menyampaikan hasil resesnya.

Menurutnya, masa reses merupakan bagian dari masa persidangan yang dilaksanakan selama 3 hari kerja sebagai salah satu kewajban dewan dalam menyerap usulan dan aspirasi dari konstituen di daerah pemilihan.

"Tujuan reses itu sendiri adalah guna meningkatkan kualitas, produktivitas dan kinerja DPRD dalam mewujudkan keadilan dan kesejahteraan rakyat serta dengan mewujudkan peranan DPRD dalam menciptakan Take and Balance antara DPRD dan pemerintah daerah," ujarnya.

 

 

Koropak.co.id - Wujudkan Pemerintah Transparan dan Akuntabel (2)

 

Lihat : DPRD Kemukakan Aspirasi Masyarakat


Untuk mencapai keberhasilan pembangunan daerah, kata Anang, banyak aspek yang harus diperhatikan, salah satunya keterlibatan masyarakat dalam pembangunan, mulai dari
tahap perencanaan, pelaksanaan, monitoring, hingga tahap evaluasi.

"Itu artinya, partisipasi masyarakat dalam pembangunan daerah menjadi aspek yang sangat penting pada suatu pemerintahan yang demokratis," ujar Anang yang juga merupakan Sekretaris Komisi I DPRD Kota Tasikmalaya.

Partisipasi masyarakat, kata Anang, dalam proses pembuatan perencanaan pembangunan, disampaikan dalam cakupan aspirasi yang diserap dewan dari hasil kegiatan reses.

"Dengan adanya partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan tersebut maka diharapkan dapat mewujudkan pemerintah yang transparan dan akuntabel," ucapnya.*

 

Lihat video berikut :
- Musrenbang Cibeureum Usulkan Peningkatan SDM

- Pembangunan di Tamansari Perlu Dioptimalkan

- Musrenbang Purbaratu Masyarakat Harus Siap Mengelola Dana Kelurahan