Memalukan! Irigasi di Garut Dibanjiri Sampah

Jum'at, 12 April 2019 14:36 Dedi Sofwan Daerah

Memalukan! Irigasi di Garut Dibanjiri Sampah


Koropak.co.id - Pemandangan yang ironi terjadi di Daerah Irigasi Cimaragas, Kabupaten Garut. Sampah plastik rumahan membanjiri daerah irigasi yang seharusnya menjadi alur air yang mengalir melewati Kelurahan Lebakjaya, Desa Tanjungsari dan Desa Jatisari Kabupaten Garut tersebut.

Sampah terbawa hanyut oleh debit air yang meningkat di saat musim penghujan tiba. Sampah-sampah tersebut merupakan dampak buruk dari kebiasaan masyarakat yang senantiasa membuang sampah di daerah irigasi tersebut, saat musim kemarau tiba.

Dikonfirmasi Koropak, Jumat (12/4/2019), Camat Karangpawitan, Rena Sudrajat mengatakan selama ini berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah setempat agar warga tidak membuang sampah ke saluran irigasi.

"Bahkan kami telah mengintruksikan kepada para kepala desa yang wilayahnya terlewati aliran irigasi Cimaragas untuk selalu menjaga kebersihan irigasi tersebut," ucapnya.

 

Koropak.co.id - Memalukan! Irigasi di Cimaragas Garut Dibanjiri Sampah (1)

 

Baca : Pembangunan Fisik di Karangpawitan Terus Dipantau

Diakui Rena, salah satu kendala yang menyebabkan terjadinya tumpukan sampah, adalah masih rendahnya kesadaran warga untuk tidak membuang sampah sembarangan.

"Meskipun kami terus melakukan sosialisasi dan imbauan agar jangan membuang sampah ke selokan, tetapi jika kesadaran warga masih rendah, ya sampai kapanpun akan terus seperti ini," ucapnya.

Selain itu, ucap Rena, faktor lain yang menyebabkan tersumbatnya sampah dan menumpuk di daerah irigasi tersebut yaitu jarak antara permukaan air dengan bibir jembatan yang rendah, sedangkan sampah yang hanyut volumenya cukup besar. Ke depan, Rena mengharapkan Pemkab Garut akan meningkatkan kedalaman daerah irigasi tersebut.*

 

Baca : Camat Karangpawitan Apresiasi Dedikasi Guru

 

 

 


Berita Terkait