Kinerja Bawaslu Ciamis Meragukan, AMS Unjuk Rasa

Jum'at, 12 April 2019 17:37 Ahmad Mukhlis Daerah

Kinerja Bawaslu Ciamis Meragukan, AMS Unjuk Rasa

 

Koropak.co.id - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Angkatan Muda Siliwangi (AMS) Kabupaten Ciamis menggeruduk Kantor Bawaslu Ciamis, Jumat (12/4/2019) untuk mempertanyakan kinerja Bawaslu Ciamis. Rombongan yang dipimpin Ketua AMS Ciamis, Didi Sukardi dan Sekretaris Asep Nurwanda diterima anggota Komisioner Bawaslu Ciamis, Jajang Miftahudin sekaligus memimpin audiensi.

Ketua AMS Ciamis, Didi Sukardi, SE menuturkan kinerja Bawaslu selama ini tidak terbuka dalam komunikasi publik. AMS tidak mendapatkan informasi berapa kasus pelanggaran dan berapa kasus yang bisa diselesaikan.

"Dengan kurangnya inoformasi kepada masyarakat, ditakutkan Bawaslu Ciamis tidak netral sebagaimana kejadian di Malaysia. Temuan surat suara yang tercoblos atas nama paslon 01 membuktikan lemahnya pengawasan Bawaslu," ujar Didi.

 

Koropak.co.id - AMS Geruduk Bawaslu Ciamis (2)

 

Baca : Sikapi Isu Malaysia, Bawaslu Terjunkan Tim Patroli

 

Ditambahkan Didi, masalah netralitas Bawaslu dan KPU juga harus dijunjung tinggi. Jangan sampai ada keberpihakan ke salah satu pihak. Bawaslu tidak boleh masuk ke ranah politis.  "Jadi pada dasarnya kami mempertanyakan kinerja dan netralitas penyelenggara pemilu," ujar Didi.

Anggota Komisioner Bawaslu Ciamis, Jajang Miftahudin mengatakan pengawasan pemilu adalah kewajiban semua elemen masyarakat. Namun yang diamanati undang-undang adalah Bawaslu, namun karena jumlah personil yang kurang dan luas wilayahnya melebihi jumlah petugas pengawas, maka semua elemen masyarakat bisa ikut memantau semua tahapan pemilu.

"Kami selalu melakukan upaya preventif agat tidak terjadi pelanggaran pemilu. Sosialisasi peraturan pemilu terus disampaikan ke masyarakat. Jadi selain menindak pelanggaran kami juga melalukan upaya pencegahan," ujar Jajang.*

 

 

 

 


Berita Terkait