Longsor di Garut Runtuhkan Tebing Setinggi 5 Meter

Sabtu, 13 April 2019 17:17 Dedi Sofwan Desa

Longsor di Garut Runtuhkan Tebing Setinggi 5 Meter


Koropak.co.id - Hujan deras mengguyur Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut, Kamis (11/4/2019), mengakibatkan terjadinya longsor di Kampung Cibolerang RT 01/RW 03, Desa Karangsari Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut.

Dikonfirmasi Koropak, Sabtu (13/4/2019), Kepala Desa Karangsari, Nurliana menuturkan longsoran tebing setinggi 5 meter tersebut terjadi tepat sekitar 1 meter dari rumah penduduk yang dihuni oleh Aca (50).

"Kami langsung mengevakuasi keluarga Bapak Aca untuk pindah sementara ke rumah saudaranya, ditakutkan terjadi longsor susulan," ucap Nurliana yang akrab disapa Eel.

 

Baca : Hujan Deras, Dua Desa di Garut Longsor

 

Beruntung, dalam musibah longsor tersebut tidak menyebabkan korban jiwa. Hanya saja dampak dari longsor tersebut menyebabkan timbunan tanah yang menutupi saluran drainase.

"Kami bersama warga setempat langsung bergotongroyong untuk membuka saluran drainase yang tertimpa timbunan tanah dan membuat tanggul sementara untuk menahan tebing," katanya.

Dengan musibah tersebut, Eel akan segera melakukan musyawarah bersama perangkat desa agar segera dilakukan pembangunan Tembok Penahan Tebing (TPT) guna mengantisipasi longsoran.

"Kepada warga setempat diimbau agar selalu waspada ketika turun hujan, karena saat ini Garut terus diguyur hujan deras setiap harinya," ujarnya.*

 

Baca : Jalan Malangbong Tertutup Longsoran

 


Berita Terkait