Sayembara Bagi Penangkap Pelaku Money Politics

Sabtu, 13 April 2019 20:05 Ahmad Mukhlis Daerah

Sayembara Bagi Penangkap Pelaku Money Politics

 

Koropak.co.id - Sayembara berhadiah bagi pelapor pelanggaran pemilu yang digagas Ketua Angkatan Muda Siliwangi (AMS) Ciamis, Didi Sukardi, SE kemarin, turut digelar caleg petahana Yogi Permadi.

Sayembara dicetuskan Yogi di sela-sela kegiatan Bazar Sembako Murah atas kerjasama Bandung Legend, yang digelar di Lapangan Desa Sukaraja, Sindangkasih Ciamis, Rabu (10/4/2019). Kala itu, Yogi mengatakan akan memberi hadiah Rp 1 juta bagi siapa saja yang bisa tangkap basah pelaku money politic.

"Silakan yang bisa tangkap basah pelaku money politik, akan saya beri hadiah. Ingat ini jual sembako murah bukan bagi-bagi sembako. Kami menyediakan 5.000 paket sembako murah," ujar Yogi.

 

Koropak.co.id - Sayembara Bagi Penangkap Pelaku Money Politic (3)

 

Baca : AMS Gelar Sayembara Pengawasan Pelanggaran Pemilu

 

Terkait maraknya sayembara berhadiah dari para caleg, akhirnya Ketua Bawaslu Kabupaten Ciamis, Uce Kurniawan angkat bicara. Dijumpai Koropak, Sabtu (13/4/2019), Uce mengatakan jika sayembara itu untuk mempengaruhi pemilih, maka bisa dikategorikan sebagai money politics.

"Nanti akan kami nilai sejauh mana unsur pengaruh hadiah itu terhadap sikap pemilih. Apalagi kalau yang membuat sayembara adalah caleg, hati-hati bisa mengarah ke pelanggaran," ujar Uce.

Namun sejauh ini belum ada laporan soal sayembara berhadiah ini. Hampir sebagian besar perkara yang masuk ke Bawaslu adalah temuan Bawaslu bukan laporan dari masyarakat.

"Partisipasi masyarakat terhadap pengawasan pemilu masih rendah. Jadi Bawaslu harus bekerja keras mengawasi peserta pemilu," ujar Uce.*

 

Baca : Kinerja Bawaslu Ciamis Meragukan, AMS Unjuk Rasa

 


Berita Terkait