DPD RI Wajib Perjuangkan Aspirasi Masyarakat

Sabtu, 13 April 2019 23:00 Clara Aditia Provinsi

DPD RI Wajib Perjuangkan Aspirasi Masyarakat


Koropak.co.id - Calon Anggota DPD RI Perwakilan Jawa Barat, nomor urut 36, Andri Perkasa Kantaprawira mengaku sangat mengapresiasi kinerja anggota DPD RI, Prof M Surya yang berhasil melobby, menekan dan memastikan Pemerintah Pusat untuk membantu pembangunan Jabar Selatan dengan kucuran anggaran Rp 1 triliun dari Rp 12 triliun usulan perencanaan.

Hal itu didapati Andri yang merupakan Inisiator Gerakan Pilihan Sunda (Gerpis) 2017 itu, dalam dialognya dengan tokoh Sunda Banten Pejuang Angkatan 1945 Tubagus Abi Maulana di Cikakak Pelabuhan Ratu beberapa waktu lalu.

"Jika berbicara kewenangan, memang terbatas. Tetapi, DPD RI harus bisa berbicara bagaimana bersama masyarakat, berjuang bersama, memperjuangkan aspirasi dan kepentingan rakyat Jawa Barat. Oleh sebab itu, saya mengusung tagline 'Memperjuangkan Kepentingan Jawa Barat, Moal Milu Piributeun, Tapi Neangan Piduiteun Jang Ngawangun Jawa Barat'," ucap Andri saat dijumpai Koropak di Patempatan Prabu Sancang Djayadiningrat, Kabuyutan Lingga Yoni Galunggung Agung, Jumat (12/4/2019).

Andri berharap Pemilu 2019 menjadi Pemilu yang benar-benar berjalan Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia, serta Jujur dan Adil (LUBER JURDIL) dan akuntabel. Pemilu diharapkan berlangsung aman, damai dan kondusif, baik saat pelaksanaan, hingga saat penetapan hasil Pemilu.

 

Koropak.co.id - DPD RI Wajib Perjuangkan Aspirasi Masyarakat (1)

 

Baca pula :

- Kembalikan Nama Ciamis Jadi Galuh

- SGI Upaya Melestarikan Seni Warisan Leluhur

- Alat Musik Tradisional Sunda Wajib Dilestarikan

 

Sebagai orang budaya, Andri pun takkan lelah memperjuangkan lestarinya budaya Sunda sebagai budaya warisan nenek moyang warga Jawa Barat. Dalam memperjuangkan masalah kebudayaan, Andri bersama Gerpis Pokja Atikan dan Budaya, bersatu padu, sejalan seirama bersama pakar Gerpis, seperti Dr Winda Erwina Ahli Etno Science, Dr Zaini Alif Ahli Kaulinan Budak, Dr Acep Iwan Saidi Ahli Semiotika, Dr Husin Al Banjari Pakar Budaya Tutur, dan pakar lainnya, merumuskan strategi pengembangan kebudayaan Jawa Barat.

"Pengembangan kebudayaan Jawa Barat, pengusulannya secara nasional belum tuntas. Masalah ini akan saya perjuangankan di DPD, DPR, Pemerintah Provinsi dan Pusat. Pondasinya terletak pada strategi kebudayaan, tentang bagaimana kita meluruskan apa yang jadi 'Titipan, Tutungkusan, Peperenian Karuhun' untuk jadi pondasi Urang Sunda unggul dan menang dalam kompetisi nasional dan internasional, di berbagai bidang kehidupan yang semakin modern," ucapnya.

Andri juga mengingatkan, jangan sampai terlena akan kehidupan yang modern hingga sampai harus menghilangkan apa yang menjadi budaya, karena telah terbukti, negara maju seperti China, Jepang, Korea, India, Inggris dan negara berkembang lainnya, dapat maju di era kehidupan modern tanpa menghilangkan jati dirinya yang masih memegang teguh adat istiadat, dan budaya tradisional.*

 

Lihat video ini :

- Panggung Raksa Budaya Situ Gede

- Upaya Melestarikan Seni Budaya Sunda

- Festival Kendan Gali Potensi Seni Budaya

 


Berita Terkait