Menuju DPD RI, Andri Perjuangkan 5 Artikulasi Strategis

Sabtu, 13 April 2019 23:27 Clara Aditia Provinsi

Menuju DPD RI, Andri Perjuangkan 5 Artikulasi Strategis

 

Koropak.co.id - Calon Anggota DPD RI Perwakilan Jawa Barat, nomor urut 36, Andri Perkasa Kantaprawira memiliki tekad kuat untuk memperjuangkan 5 artikulasi kepentingan strategis untuk melindungi Jawa Barat sebagai provinsi strategis dengan melakukan lompatan pembangunan dengan menggali potensi yang ada dalam tubuh ekonomi Jawa Barat.

Dijumpai Koropak di Patempatan Prabu Sancang Djayadiningrat, Kabuyutan Lingga Yoni Galunggung Agung, Jumat (12/4/2019), Andri menjelaskan ke-5 artikulasi tersebut, yakni perimbangan keuangan pusat dan daerah dari sektor pajak, industri, energi (kelistrikan), air bersih dan sektor lainnya akan diupayakan untuk lebih berkeadilan bagi rakyat Jawa Barat.

Selanjutnya, mendorong diselesaikannya rancangan desain penataan wilayah otonomi di Jawa Barat dalam rangka pemekaran dan atau penggabungan wilayah baru untuk 25 tahun ke depan. Artikulasi ketiga, revisi dan evaluasi terhadap Undang-Undang, keputusan atau peraturan pemerintah pusat, tentang Kawasan Bandung Utara dan Bandung Selatan sebagai Kawasan Konservasi Cekungan Bandung yang perlu penguatan manajemen dan penguatan sanksi sanksi pidana.

 

 

Koropak.co.id - Menuju DPD RI, Andri Perjuangkan 5 Artikulasi Strategis (2)

 

Aritkulasi keempat, berkaitan dengan percepatan pembangunan proyek strategis untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Jawa Barat ke depan, yaitu masalah konektivitas Pelabuhan Patimban, Cisumdawu, reaktivasi jalur Kereta Api lama, tol, dan bandara dengan konsep yang lebih melindungi hak warga lokal dari spekulan melalui konsep "Land Consolidation dan Land Readjustment".

Terakhir, penanganan masalah sosial kewargaan di bidang pendidikan, kesehatan, kebudayaan dan perlindungan sosial serta lingkungan hidup yang wajib memberikan kebijakan affirmatif kepada warga lokal dan penduduk yang paling rentan.

"Menyoal kebudayaan, kita membicarakan tentang hidup dan kehidupan warga Jawa Barat yang mayoritas adalah urang Sunda. Kebudayaan berbicara soal kehidupan alam dan lingkungan sekarang untuk diwariskan kepada generasi mendatang. Saya setuju dengan Gapura Selamat datang di dekat tugu kujang di Pakuan Kota Bogor yang bertuliskan 'Di Nu Kiwari Ngancik Nu Bihari, Seja Ayeuna Sampereun Jaga'," kata Andri.

 

Koropak.co.id - Menuju DPD RI, Andri Perjuangkan 5 Artikulasi Strategis (3)

 

Lihat : Galuh Nangtung Ajeg Ti Bihari Ka Kiwari

 

Dikatakan Andri yang merupakan Inisiator Gerakan Pilihan Sunda (Gerpis) 2017 itu, dalam dialognya dengan tokoh Sunda Banten Pejuang Angkatan 1945 Tubagus Abi Maulana di Cikakak Pelabuhan Ratu beberapa waktu lalu, Andri sangat mengapresiasi kinerja anggota DPD RI, Prof M Surya yang berhasil melobby, menekan dan memastikan Pemerintah Pusat untuk membantu pembangunan Jabar Selatan dengan kucuran anggaran Rp 1 triliun dari Rp 12 triliun usulan perencanaan.

"Jika berbicara kewenangan, memang terbatas. Tetapi, DPD RI harus bisa berbicara bagaimana bersama masyarakat berjuang bersama, memperjuangkan aspirasi dan kepentingan rakyat Jawa Barat. Oleh sebab itu, saya mengusung tagline 'Memperjuangkan Kepentingan Jawa Barat, Moal Milu Piributeun, Tapi Neangan Piduiteun Jang Ngawangun Jawa Barat'," ucapnya.*

 

Baca : Melalui DPD RI, UKM Diharap Dapat Berdaya Saing

Baca : Tingkat Perekonomian Jawa Barat Belum Optimal

Baca : DPD RI Wajib Perjuangkan Aspirasi Masyarakat


Berita Terkait