Berdayakan Masyarakat, Berdayakan Ekonomi Mikro

Sabtu, 13 April 2019 23:57 Clara Aditia Daerah

Berdayakan Masyarakat, Berdayakan Ekonomi Mikro


Koropak.co.id - Calon Anggota Legislatif DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Siti Noor Assyami Laili menilai masyarakat di Tasikmalaya Utara, khususnya di dapil 3 yang meliputi Kecamatan Jamanis, Ciawi, Kadipaten, Pagerageung, dan Sukaresik yang diwakilinya, memiliki keberagaman potensi perekonomian dari berbagai sektor, khususnya home industry.

"Dalam kegiatan silaturahmi saya bersama masyarakat pegiat home industry, saya menemukan fakta, yang menggugah saya untuk memperjuangkan. Mereka membutuhkan pemberdayaan. Sebetulnya, dari nilai potensi produknya sendiri sudah sangat menjanjikan, hanya mereka perlu diberi edukasi tambahan terkait alur produksi dan pemasaran, dari hulu hingga ke hilir," katanya saat dijumpai Koropak, Sabtu (13/4/2019).

 

 Koropak.co.id - Berdayakan Masyarakat, Berdayakan Ekonomi Mikro (3)

 

Caleg dari PDI-Perjuangan nomor urut 5 yang akrab disapa Ceu Yemi itu menuturkan banyak kendala yang dialami para pegiat home industry, yang kerap menghambat proses produksinya, mulai dari bahan baku, pengurusan perizinan, hingga pemasaran. Bahkan, seiring dengan masih menganut pola konvensional, pemahaman produk, analisa bisnis, langkah perizinan, standardisasi kualitas produk, hingga langkah pemasaran mereka harus diperkaya dengan menyesuaikan kondisi saat ini.

"Kita harapkan, mereka jangan hanya faham produksi, tapi harus faham bagaimana mengambil celah bisnis mereka, agar tidak merugi, dan usaha mereka dapat mandiri. Ini yang harus diperjuangkan. Mereka harus diberdayakan, demi memacu pertumbuhan perekonomian dari sektor mikro," tuturnya.

 

Baca : Mubes Ibu Bella Pompes Suryalaya Digelar

 


Koropak.co.id - Berdayakan Masyarakat, Berdayakan Ekonomi Mikro (2)

 

 

Baca : Pasangan Jokowi - Amin Memiliki Sifat Imam Amir

 

Dikatakan Yemi, di sisi lain, sebagian dari para pegiat home industry di Tasikmalaya Utara sudah berkembang, bahkan sudah bekerjasama dengan beberapa perusahaan nasional. Ke depan, yang harus diperjuangkan, adalah nasib home industry lainnya agar bisa dikembangkan, dan menciptakan potensi yang sama, yang dikerjasamakan dengan perusahaan nasional.

"Saya pun berdiskusi dengan para pegiat home industry. Kuncinya, terus belajar, dan jangan mudah patah arang, jangan mudah terkendali karena kondisi, tapi harus bisa mengendalikan kondisi," ucap Yemi.

Yemi sendiri menuturkan sebagai calon wakil rakyat, prinsip dan tujuan hidupnya sederhana, ingin berfungsi dan berguna sebagai manusia, bagi manusia lainnya.

"Sebagai bagian dari wilayah Dapil 3, saya ingin berperan dalam pembangunan dan menjaga lembur. Itulah yang menjaga saya, senantiasa mengingatkan diri saya sendiri bahwa saya 'ti lembur, di lembur, keur lembur'. Serta belajar dan menjaga agar diri saya senantiasa bertafakur, tasyakur dan bertadzakur," ujar Yemi.*

 

Baca : Tasikmalaya Utara Harus Punya Creative Centre

 

 

 


Berita Terkait